Analisis Sarana dan Prasarana Fasilitas Umum Kalurahan Giripurwo

Analisis Sarana dan Prasarana Fasilitas Umum Kalurahan Giripurwo – Kalurahan Giripurwo merupakan kalurahan yang tergolong mempunyai sarana dan prasarana yang menunjang. Prasarana jalan yang terdapat di Kalurahan Giripurwo dari hasil survei di lokasi dapat dijelaskan bahwa salah satu prasarana yang paling berperan dalam bidang transportasi adalah prasarana jalan dan atau JJLS, sebab jalan merupakan faktor penghubung antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. 

  • Analisis kondisi eksisting prasarana persampahan

Berdasarkan survei di lapangan tidak terlihat adanya prasarana pengelolaan sampah seperti tempat sampah rumah tangga ataupun Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dibeberapa wilayah. Oleh sebab itu, perlu diadakan perencanaan prasarana persampahan

  • Analisis kondisi eksisting prasarana jaringan listrik 

Tenaga listrik merupakan sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia baik untuk kegiatan industri, komersial, maupun dalam kehidupan sehari-hari rumah tangga. Energi listrik dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan penerangan dan juga proses produksi yang melibatkan alat-alat elektronik dan alat-alat mesin industri. Mengingat begitu besar dan pentingnya manfaat energi listrik sedangkan sumber energi pembangkit listrik terutama yang berasal dari sumber daya yang tak terbaharui (non renewable) keberdaaanya terbatas, maka untuk menjaga kelestarian sumber energi ini perlu diupayakan langkah-langkah strategis yang dapat menunjang penyediaan energi listrik secara optimal dan terjangkau.

  • Analisis ketersediaan sarana perkantoran dan pemerintahan

Fasilitas Perkantoran merupakan fasilitas penting bagi suatu wilayah. Suatu daerah tidak akan menjalankan tugas-tugas pemerintahannya dengan baik jika tidak memiliki fasilitas perkantoran. Begitupun dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul harus menyediakan fasilitas perkantoran dan pemerintahan yang memadai bagi wilayahnya salah satunya Kalurahan Giripurwo. Dari hasil survei lapangan dapat disimpulkan bahwa sarana perkantoran di Kalurahan Giripurwo hanya memiliki 1 sarana Pemerintahan dan perkantoran yaitu Kantor Kalurahan Giripurwo yang sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang bersifat permanen.

  • Analisis Ketersediaan Sarana Pendidikan

Fasilitas Pendidikan sangat dibutuhkan oleh suatu daerah bukan hanya didaerah perkotaan namun juga didaerah perdesaan jika sudah memenuhi kriteria untuk tersedianya fasilitas Pendidikan. Di Kalurahan Giripurwo terdapat 23 unit sarana Pendidikan, yaitu 10 unit PAUD, 6 unit sekolah TK, 5 unit sekolah SMP, 1 unit SMK. 

  • Analisis Ketersdiaan Sarana Kesehatan

Fasilitas kesehatan dibutuhkan guna untuk menunjang pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kalurahan Giripurwo, maka pemerintah setempat menyediakan fasilitas kesehatan kepada masyarakatnya berupa 1 unit Puskesmas, 1 unit Poskesdes, dan 10 unit UKBM (Posyandu/ Polindes). Sarana kesehatan puskesmas sudah merupakan bangunan permanen begitu pula dengan poskesdes dan UKBM yang ada di Kalurahan Giripurwo. Dari hasil survei lapangan dapat disimpulkan bahwa sarana kesehatan di Kalurahan Giripurwo sudah memenuhi SPM.

  • Analisis Ketersediaan Sarana Peribadatan

Jika dilihat dari aspek keagamaan, mayoritas penduduk Kalurahan Giripurwo beragama islam. Dari segi sarana ibadah, Kalurahan Giripurwo memiliki 22 unit masjid, 3 unit musholah, dan 1 unit gereja. Berdasarkan Keputusan Menteri Permukiman dan prasarana wilayah No. 534/KPTS/M/2001, ketentuan Standar Pelayanan Minimal (SPM) untuk sarana sosial budaya, yaitu:

  • Cakupan kabupaten/ kota setidaknya tersedia 1 unit tempat ibadah/2.500 jiwa
  • Tempat ibadah yang ada bersih, nyaman dan teduh
  • Aksesbilitas mudah.
  • Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana Umum

Analisis Sarana dan Prasarana Fasilitas Umum Kalurahan Giripurwo – Fasilitas umum merupakan fasilitas terpenting bagi suatu wilayah. Suatu daerah tidak akan menjalankan kegiatan lainnya dengan baik jika tidak memiliki fasilitas umum. Fasilitas umum yang ada di Kalurahan Giripurwo adalah Sarana Olahraga, Kesenian/ Budaya, Balai Pertemuan, Sumur Desa, Pasar Desa, dan lainnya.

Baca juga : Situs Warung Boto

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *