Babad Sunan Prabu

Babad Sunan Prabu adalah salah satu karya sastra Jawa klasik yang mengisahkan tentang kehidupan Sunan Prabu atau sering juga disebut sebagai Sunan Giri. Sunan Prabu adalah salah satu tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa pada abad ke-15. Dalam Babad Sunan Prabu, diuraikan perjalanan spiritual dan perjuangan Sunan Prabu dalam menyebarkan ajaran Islam di tengah masyarakat Jawa pada masa itu. Karya sastra ini juga mencatat berbagai kisah keagamaan dan kebijaksanaan Sunan Prabu dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan. Selain itu, Babad Sunan Prabu juga mencatat genealogi atau silsilah keturunan Sunan Prabu serta kisah-kisah kehidupan sehari-hari yang menjadi bagian dari pewarisan nilai-nilai budaya Jawa. Karya ini menjadi salah satu peninggalan berharga dalam budaya Jawa dan menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dalam memahami sejarah dan nilai-nilai kehidupan di Pulau Jawa.

Kajian mengenai Amangkurat IV, yang memerintah pada zaman Kartasura, menyoroti peran pentingnya dalam menentukan garis keturunan raja-raja Jawa di Surakarta dan Yogyakarta. Sebagai raja Mataram, Amangkurat IV memiliki pengaruh yang signifikan dalam penentuan suksesi kekuasaan di wilayah tersebut. Di bawah kepemimpinannya, Amangkurat IV menetapkan keturunan yang akan menguasai wilayah Surakarta dan Yogyakarta, termasuk pendirian Mangkunegaran dan Pakualaman sebagai wilayah otonom yang diperintah oleh keturunan raja-raja Mataram. Keputusan ini membentuk struktur politik dan kekuasaan yang berkelanjutan di Jawa Tengah, yang terus memengaruhi dinamika politik dan budaya di wilayah tersebut hingga saat ini. Kajian tentang peran Amangkurat IV dalam penurunan raja-raja Jawa di Surakarta, Yogyakarta, Mangkunegaran, dan Pakualaman memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang evolusi struktur politik Jawa pada periode tersebut serta dampaknya dalam pembentukan identitas dan tradisi Jawa.

Penelitian terhadap naskah Babad Sunan Prabu (Bb.40) akan menghasilkan manfaat bagi pemilik dan juga masyarakat umum (pembaca). Secara filologis hasil penelitian ini akan membantu pembaca untuk mendapatkan informasi isi teks lebih detail. Hal ini dikarenakan oleh kerja filologis meliputi alih aksara dan alih bahasa. Sehingga, dapat dimanfaatkan keterbacaan teksnya, upaya pemaknaan teks, serta pelestarian yang harus dilakukan. Berikutnya, penelitian ini akan bermanfaat sehubungan dengan objek kajian pencatatan dan pengusulan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) tahun 2023.

Penelitian terhadap objek naskah Babad Sunan Prabu (Bb.40) akan menggunakan teori filologi. Filologi dikenal sebagai sebuah ilmu yang secara khusus membicarakan tentang naskah dan teks. Naskah dalam ilmu filologi merujuk pada sebuah objek konkret berupa tulisan dengan aksara daerah dalam sebuah medium yang dapat berupa kertas, daun, atau bambu. Sementara itu, teks adalah sebuah objek abstrak yang termuat di dalam sebuah naskah. Teks dapat berupa sebuah peristiwa, kisah, nasihat, maupun informasi-informasi penting. Sudibyo (2015: 15-16) mendeskripsikan filologi sehubungan dengan penyampaian berita masa lampau melalui tulisan. Secara substansi filologi sebagai ilmu bahasa, sastra, dan sejarah. Sebagai ilmu bahasa karena untuk teks naskah ditulis dalam sebuah bahasa. Sebagai ilmu sastra karena teks naskah menyampaikan nilai-nilai didaktis sebagai pengetahuan hasil akal budi manusia. Sebagai ilmu sejarah karena teks naskah banyak yang berusaha mengungkapkan peristiwa-peristiwa yang kemudian ditafsirkan sebagai sejarah masa lampau dengan syarat harus diverifikasi dan divalidasi dengan dokumen lainnya.

Baca juga : Filosofi Batik Keraton Yogyakarta

Adapun metode dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam penelitian. Langkah-langkahnya secara berurutan sebagai berikut. Pertama, inventarisasi naskah disertai deskripsi. Kedua, Alih aksara dan alih bahasa. Ketiga, wawancara dengan pakar. Keempat, pengolahan data disertai analisis. Kelima, penyajian hasil penelitian dalam bentuk bab.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *