Pemasaran wisata berfungsi untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata sekaligus memperkenalkan kepada publik mengenai informasi tentang destinasi wisata.
Pemasaran wisata tidak hanya sekedar bagaimana menjual produk wisata melainkan harus mampu memberikan kepuasan bagi wisatawan dalam jangka panjang. Tujuan pemasaran wisata adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan memenuhi kebutuhan itu dengan baik, sehingga semua produk menjual dirinya sendiri. Proses pemasaran pariwisata sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti politik, sosial, budaya, dan ekonomi
Pemasaran wisata menekankan lebih jauh lagi tentang siapa sebetulnya segmen pasar dan bagaimana perilakunya. Penekanannya adalah mengkomunikasikan kepada pasar bahwa produk wisata atau destinasi wisata yang ditawarkan adalah unggul dan berbeda dengan produk lain. Media promosi konvensional tidak selamanya dapat digunakan untuk produk pariwisata, terlebih produk wisata minat khusus. Dari pengertian berikut, dapat dikatakan bahwa oemasaran pariwisata adalah suatu sistem dan koordinasi yang harus dilakukan sebagai kebijaksanaan bagi perusahaan atau kelompok industri pariwisata, baik swasta maupun pemerintah, dalam ruang lingkup lokal, regional, nasional, atau internasional guna mencapai kepuasan wisatawan dengan memperoleh keuntungan yang wajar.
baca juga: 6a Pariwisata
Pemasaran pariwisata pada hakekatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Pemasaran pariwisata adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi “konsumen aktual” maupun “konsumen potensial” agar melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang.
Tujuan pemasaran wisata meliputi empat hal, yakni:
- Memperkenalkan produk wisata.
- Membujuk, modifikasi, dan membentuk produk wisata.
- Mengingatkan kembali tentang produk-produk wisata.
Pada prinsipnya pemasaran pariwisata adalah memperkenalkan atau menginformasikan kepada wisatawan mengenai adanya produk-produk wisata. Diharapkan, wisatawan akan terpengaruh dan terbujuk sehingga beralih ke produk wisata tersebut. Pada tahap berikutnya lebih pada upaya mengingatkan pengelola agar tetap loyal ditengah banyaknya kompetitor lama maupun baru.
Untuk informasi lainnya hubungi admin kami di:
Whatsapp: (0812-3299-9470)
Instagram: @jttc_jogja

No responses yet