Brand Image Destinasi Wisata Brakseng Kota Batu

Brand image (citra merek) merupakan kumpulan yang ada dibenak konsumen dengan sesuatu merek. Hubungan dengan merek lebih kuat bila didasarkan pada pengalaman dan informasi yang berbeda. Brand image yang baik tidak hanya pada barang atau jasa tetapi pada suatu destinasi wisata juga harus mempunyai brand image yang baik. Pentingnya brand image yang baik bagi suatu destinasi pariwisata yakni merek yang kuat dan unik akan memberikan efek positif terhadap keberlanjutan destinasi wisata.

Sejak 2001, pemerintah Kota Batu adalah pemerintahan yang sudah resmi dimekarkan dari Kabupaten Malang, sehingga merupakan kota yang sedang bertumbuh dan membutuhkan perubahan yang diadaptasi oleh masyarakat sekitar sebagai pemerintahan yang baru. Kota Batu sendiri memiliki strategi City Branding dengan tagline “shining Batu”yang digagas oleh Walikota Batu sendiri. Terdapat banyak destinasi yang unik dan menarik yang dapat di jumpai di Kota Batu, yaitu Jatim Park dengan pesonanya, Batu Night Spectacular (BNS), Songgoriti dengan pemandian air panas, Museum Angkut,dll.

Salah satu wisata yang harus dikunjungi adalah Brakseng, Desa ini memiliki daya tarik wisata yang masih baru karena baru dibuka pada awal oktober 2020. Brakseng ini merupakan kawasan pertanian milik penduduk Desa Sumberbrantas dengan panorama alam yang indah. Adapun brand image yang dimiliki oleh wisata ini antara lain:

  1. Brand Identity
    Elemen brand identity yang dimiliki oleh wisata Brakseng memberikan suatu perspektif kepada pengunjung terkait dengan citra yang dimiliki. Hal ini dibuktikan oleh jumlah kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung, terbukti dengan jumlah wisatawan yang berkunjung kembali meskipun sudah mengunjunginya lebih dari tiga kali.
  1. Brand Personality
    Brand ini muncul ketika sifat manusia dihubungkan dengan suatu merek. Selian itu, brand ini menghasilkan identitas emosional pada suatu merek, dapat berupa kepekaan atau perasaan terhadap merek diantara sejumlah konsumen. Brand personality yang dimiliki oleh wisata Brakseng adalah lahan pertanian yang luas, udara yang bersih dan sejuk, landscape pegunungan, spot foto yang unik. Rest area, tempat parkir yang begitu luas dll.
  1. Brand association
    Merupakan hal-hal khusus yang pantas atau selalu dihubungkan dalam menggunakan suatu merek, hal tersebut timbul berdasarkan suatu penawaran unik suatu produk, kegiatan yang berulang serta konsisten. Dalam wisata ini terdapat:
    • Kualitas produk, dfapat dikatakan Wisata Brakseng sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata yang menjanjikan baik bagi pengunjung maupun bagi pengelola. Wisata Brakseng memiliki kualitas yang baik hal ini dikarenakan atraksi yang dimiliki oleh wisata tersebut, yakni natural attraction (merupakan unsur ilmiah seperti pemandangan, flora dan fauna)
    • Harga, dengan harga masuk sebeesar Rp 5.000/orang, ini bisa dibilang cukup murah karena dapat dijangkau oleh setiap kalangan atau tingkatan ekonomi. Hal ini menjadi pertimbangan oleh pengunjung untuk berkunjung di Wisata Brakseng.
    • Kualitas layanan, kualitas pelayanan merupakan hal yang dinilai oleh konusmen atau pengunjung dengan membandingkan apa yang diberikan dan apa yang mereka dapatkan. Kualitas pelayanan yang diberikan suatu perusahaan berdampak bagi kepuasan konsumen.
    • Faktor emosional, bentuknya meliputi ukuran, proporsi dan kesimetrisan produk. Aspek ekspresi diri merupakan bentuk kepuasan yang ditimbulkan oleh lingkungan sosial sekitarnya. Di wisata Brakseng ini pengunjung merasa sangat tenang meskipun banyak wisatawan berkunjung, hal ini karena mereka mengathui bahwa wisata ini identik dengan ketenangan.
    • Kemudahan, ini merupakan kemudahan wisatawan untuk mengakses suatu destinasi. Untuk menjangkau Wisata Brakseng dikatakan tidak sulit, para pengunjung dapat menggunakan google maps untuk menuju wusata Brakseng.
  1. Brand Attitude Behavior
    Merupakan sikap atau perilaku dalam komunikasi merek dan interaksi dengan pengunjung atau wisatawan untuk menawarkan manfaat dan nilai-nilai mereka. Di wisata Brakseng terdapat event yang melibatkan influencer lokal dengan tujuan mempromosikan wisata Brakseng ini.
  1. Brand Benefit dan Competence
    Wisata Brakseng memiliki tiga manfaat yang dapat disimpulkan secara umum, yaitu: manfaat edukasi, manfaat hiburan dan manfaat ekonomi. Disini pengunjung diperbolehkan untuk ikut dalam proses menaanam tanaman petani dan memanen bersama petani, hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan tersendiri.

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.