Faktor-faktor Pendorong Wisata

Faktor-faktor Pendorong Wisata – Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi orang melakukan perjalanan wisata dengan pesawat udara, sehingga permintaan perjalanan dapat berulang ulang. Faktor-faktor tersebut ialah:

  1. Daya tarik suatu daerah tujuan wisata, apa yang dimiliki objek wisata, fasilitas apa yang tersedia di sana, pertunjukan menarik apa yang dapat disaksikan, olah raga apa yang dapat dilakukan di sana, barangbarang apa yang dapat dibeli di sana. Dengan kata lain, suatu daerah tujuan wisata harus memenuhi tiga syarat supaya wisatawan mau melakukan wisata yaitu tersedianya:
  2. a) seuatu yang dapat dilihat (something to see);
  3. b) sesuatu yang dapat dilakukan (something to do) ; dan
  4. c) sesuatu yang dapat dibeli (something to buy)
  5. Keadaan sosio-demografi dihubungkan dengan negara asal wisatawan (keadaan sosio-demografi Australia jauh lebih baik jika dibandingkan dengan keadaan sosiodemografi India atau Indonesia, sehingga lebih banyak wisatwan Australia pergi ke objek wisata di luar).
  6. Faktor keuangan, sampai di mana kekuatan daya beli masyarakatnya, di mana hal ini banyak pula ditentukan oleh pendapatan yang dibelanjakan (disposable income) oleh penduduknya.

Dari ketiga faktor ini yang paling dominan adalah faktor keuangan, karena biaya perjalanan akan banyak mempengaruhi calon wisatawan untuk mengambil keputusan. Dengan kondisi keuangan yang ada, mereka dapat melakukan pilihan akan menggunakan pesawat udara atau kendaraan lain, atau liburan cukup di daerah sekitar saja dengan menggunakan kendaraan umum. Atas pertimbangan di atas, maka elastisitas permintaan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat udara, faktor tarif (fares) akan sangat menentukan dalam membuat suatu perencanaan kepariwisataan pada suatu negara. Politik tentang pengangkutan suatu negara sangat mempengaruhi adanya arus lalulintas pariwisata, sebab politik angkutan ini akan menentukan jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan oleh wisatawan. Angkutan merupakan salah satu unsur pokok daripada industri pariwisata. Dengan perkataan lain, politik pengangkutan dalam hubungannya dengan industri pariwisata harus ditujukan kepada hal-hal tentang bagaimana caranya agar jarak serta waktu dapat ditempuh dengan cepat, efisien, murah dan penuh kenyamanan (comfort) sebagai faktor yang merupakan bagian terpadu dari keseluruhan gejala yang menyangkut perjalanan para wisatawan.

Baca juga : Mengetahui apa Perbedaan Pemasaran Konvensional dan Digital

Faktor-faktor Pendorong Wisata – Dalam hubungan ini, yang dimaksudkan dengan politik pengangkutan yang langsung berkaitan dengan kehidupan industri pariwisata, adalah kebijaksanaan pemerintah di dalam mengatur lalu-lintas, kelengkapan serta perlengkapan jaringan-jaringan dan alat-alat yang dipergunakan dalam operasi angkutan ini dalam arti kata seluas-luasnya, seperti misalnya pembangunan pelabuhan laut, pembuatan lapangan udara, pembangunan stasiun kereta api, pembangunan jalan raya, import berbagai alat pengangkutan seperti lokomotif, gerbong, mobil, bus, pesawat udara dan sebagainya. Itu semua merupakan kelengkapan fasilitas yang menggerakkan para wisatawan berpindah – pindah dari suatu tempat ke tempat lain selama mereka mengadakan perjalanan. Dengan adanya kemajuan motorisasi yang lebih cepat dibandingkan dengan pengangkutan lain pada saat ini, maka politik pengangkutan ini penting sekali artinya bagi industri pariwisata. Politik pengangkutan harus memperhitungkan peraturan-peraturan dan fasilitas yang harus disediakan pada musim kunjungan, langkah-langkah kebijakan keselamatan lalu-lintas dan kebijakan mengenai tarif angkutan yang dalam keadaan yang tertentu dikehendaki ada perlakuan istimewa dan khusus. Misalnya, demi untuk memajukan industri pariwisata, maka pemerintah atau perusahaan pengangkutan melakukan penurunan harga karcis atau memberikan harga karcis istimewa bagi wisatawan, memberikan potongan sewa (ongkos) untuk keperluankeperluan wisata, karcis murah bagi keperluan berlibur (holyday season tickets) dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *