Nilai Tambah Ekonomi Kreatif, Apa Manfaatnya?

Objek Industri Kreatif

Nilai tambah ekonomi kreatif sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness objek industri kreatif. Selain itu, berikut merupakan manfaat-manfaat lainnya.

Ekonomi kreatif merupakan proses ekonomi dari kegiatan produksi dan distribusi barang serta jasa di dalamnya yang membutuhkan gagasan serta ide kreatif serta kemampuan intelektual dalam membangunnya.

Ekonomi kreatif merupakan gabungan dua kata yang masing-masing memiliki makna tersendiri. Ekonomi itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan, sementara kreatif merupakan kemampuan dalam memiliki daya cipta serta kemampuan untuk menciptakan. Dapat dikatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan proses perekonomian yang mengutamakan nilai kreativitas.

Diketahui, ekonomi kreatif mengutamakan nilai intelektual dalam menambah nilai pemasukan secara ekonomi, menambah kesempatan kerja, serta memberikan kesejahteraan pada masyarakat. Dalam konsep ekonomi kreatif, salah satu hal terbesar yang dibutuhkan adalah kreativitas. Hal itu karena industri kreatif merupakan inti dari bidang ekonomi kreatif yang digerakan oleh para kreator dan inovator.

baca juga: Berikut Cara Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi Kreatif

Sederhananya, ekonomi kreatif merupakan bentuk pengembangan dari konsep ekonomi, namun dengan penambahan kreativitas. Dalam hal ini, kreativitas tersebut tidak hanya terbatas pada kegiatan produksi saja, tetapi juga termasuk ke dalam bagaimana penggunaan bahan baku serta inovasi yang diterapkan di dalamnya. Industri kreatif adalah bisnis yang dilaksanakan berdasarkan gagasan, ide, dan kreativitas untuk mewujudkan tujuan tertentu. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan inovasi yang kekinian untuk meningkatkan brand awareness objek-objek industri kreatif. Berikut merupakan manfaat-manfaat dari adanya nilai tambah ekonomi kreatif:

  • Mengeksplorasi dan mengembangkan potensi yang dimiliki individu.
  • Menciptakan masyarakat yang memiliki pola pikir kreatif dan inovatif.
  • Mewujudkan iklim bisnis yang positif dan kondusif.
  • Mengurangi angka kemiskinan.
  • Berkontribusi secara signifikan terhadap perekonomian negara.

Terdapat juga beberapa ciri-ciri yang menggambarkan bahwa objek ekonomi kreatif sudah mengalami peningkatan nilai tambah, yakni:

1. Memiliki Kreasi Intelektual
Ciri-ciri objek ekonomi kreatif yang sudah mengalami peningkatan nilai tambah ialah memiliki kreasi intelektual. Kreasi intelektual yang dimaksud ialah sangat dibutuhkan kreativitas serta keahlian lainnya dalam masing-masing jenis-jenis produk.

2. Mudah Diganti
Mudah diganti yang dimaksud ialah, suatu jenis inovasi dalam produk-produk kreatif harus selalu dikembangkan sesuai dengan aktivitas ekonomi. Maka dari itu, kreasi dan inovasi yang ada diharapkan mudah diganti untuk menyesuaikan pasar dan dapat diterima dengan baik oleh konsumen.

3. Berbasis pada Ide
Ide merupakan hal utama yang harus disiapkan dalam bidang ekonomi kreatif. Ide dari setiap kepala pasti berbeda-beda. Oleh karena itu, gagasan tersebut harus dikembangkan demi menciptakan inovasi dan kreativitas dalam bidang ekonomi kreatif.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.