Peluang dan Tantangan Kota Ramah Pesepeda di Indonesia

Peluang dan Tantangan Kota Ramah Pesepeda di Indonesia

Apa itu Kota Ramah Pesepeda?

Kota ramah pesepeda adalah kota yang mempromosikan dan mendukung penggunaan sepeda sebagai moda transportasi utama. Kota ini memiliki infrastruktur yang ramah untuk pesepeda, seperti tersedianya jalur khusus sepeda, tempat parkir sepeda, dan rambu lalu lintas yang khusus untuk pengendara sepeda. Selain itu, kota bersepeda juga memiliki budaya bersepeda yang kuat, dengan banyak masyarakat yang menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari, seperti berangkat kerja, sekolah, atau belanja.

Peluang dan Tantangan Mewujudkan Kota Ramah Pesepeda di Indonesia

Mewujudkan kota ramah pesepeda membutuhkan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan swasta. Kota ramah pesepeda dengan infrastruktur bersepeda yang lengkap akan mendorong budaya bersepeda kepada masyarakat. Lambat laun, masyarakat akan mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kota ramah pesepeda juga mendorong pengurangan polusi udara serta mengurangi kemacetan di kota-kota besar. 

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah menyebutkan bahwa setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan berupa fasilitas untuk pesepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat. Kemudian, pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda. Pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Oleh karena itu, sudah semestinya pemerintah pusat maupun daerah mengupayakan pembangunan infrastruktur pesepeda. 

Namun, melihat kondisi jalan di kota-kota Indonesia saat ini mulai dipadati oleh kendaraan. Bahkan tak jarang, pejalan kaki harus mengalah akibat trotoar yang digunakan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, faktor keamanan dan kenyamanan penting untuk diperhatikan bila suatu kota akan membangun infrastruktur pesepeda. Ketersediaan jalur pesepeda dan tempat parkir khusus pesepeda merupakan atribut penting yang tidak boleh dilewatkan. 

Berkaca Pada Kota Ramah Pesepeda di Dunia

Copenhagen Index merupakan ajang penilaian kota-kota ramah pesepeda di dunia berdasarkan seberapa banyak upaya mereka dalam mempromosikan kehidupan masyarakat untuk menggunakan sepeda. Pada tahun 2021, Copenhagen Index mengumumkan sejumlah kota paling ramah pesepeda, diantaranya Copenhagen, Amsterdam, Utrecht, Antwerp, Strasbourg, Bordeaux, Oslo, Paris, Vienna, Helsinki, Bremen, Bogota, Barcelona, Ljubljana, Berlin, dan sebagainya. 

Banyak kota-kota di dunia yang mulai memperhatikan, membangun infrastruktur, dan memperluas fasilitas untuk mengakomodasi sepeda sebagai mode transportasi sehari-hari sambil meningkatkan kelayakan perkotaan. Dengan berkaca pada keberhasilan kota tersebut, Indonesia diharapkan dapat mewujudkan kota ramah sepeda dan memberikan manfaat yang banyak bagi masyarakat.
Baca juga : Peluang dan Tantangan Kota Ramah Pesepeda di Indonesia

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *