Pemetaan Objek Wisata, Berikut Fungsinya?

Peta Pariwisata

Salah satu hal dasar dalam pengembangan wisata adalah pemetaan objek wisata. Pemetaan objek wisata sangat dibutuhkan untuk dijadikan pedoman bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Geografi pada dasarnya mempelajari tentang bumi beserta isinya serta hubungan antara keduanya. Semakin meningkat tuntutan kebutuhan manusia, bagian geografi tidak hanya berhenti pada mengetahui serta mempelajari, namun juga harus dituntut mampu memanfaatkan bumi beserta isinya untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Terkait dengan pemanfaatan bumi beserta isinya untuk memenuhi kebutuhan, maka terdapat suatu kebutuhan yang juga tidak boleh diabaikan oleh manusia yakni kebutuhan pariwisata. Pariwisata merupakan sebuah sistem terbuka dan tidak terjadi di dalam ruang hampa. Pariwisata juga berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas, seperti ekonomi, sosial budaya, teknologi, politik, hukum, lingkungan fisik, dan sebagainya.

Keterkaitan antara aspek geografi dengan dunia pariwisata tentu membutuhkan yang adanya pemetaan objek pariwisata. Pemetaan objek pariwisata tidak hanya sekadar memvisualisasikan obyek wisata, tetapi juga menjelaskan sarana dan prasarana yang disediakan. Pemetaan objek pariwisata sangat berhubungan dengan peta pariwisata.

baca juga: Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Berikut Manfaatnya?

Peta pariwisata sendiri merupakan peta topografi yang berisi informasi tambahan mengenai objek pariwisata di suatu kawasan. Terdapat gambar-gambar visual seperti fasilitas olahraga, pondok, rute bersepeda, rute berjalan kaki, dan lain sebagainya. Bila ditelusuri dari sejarah, perkirakan peta ini mulai berkembang pada awal abad ke-20, ketika  Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa peta pariwisata adalah peta yang berisi informasi dan  visualisasi obyek wisata.

Di bawah ini merupakan fungsi dari adanya pemetaan objek wisata:

  • Memudahkan orientasi dalam ruang geografis.
  • Memberi informasi kepada wisatawan mengenai lokasi obyek wisata.
  • Membantu menentukan pilihan wisata mana yang akan dikunjungi.
  • Mempermudah pergerakan di sekitar kawasan wisata.
  • Mendokumentasikan realitas geografis di obyek wisata.

Pengembangan pariwisata tentu memerlukan perencanaan dan pengelolaan yang matang dan seksama. Dengan adanya pemetaan objek wisata tentu bisa digunakan untuk melihat potensi-potensi objek wisata yang belum terinformasi dengan baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Dibutuhkan kesabaran untuk memetakan sebaran objek wisata seperti sarana dan prasarana, aksesibilitas, dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.