Pengembangan Kebudayaan, Berikut Prosedurnya?

Objek Kebudayaan

Kebudayaan merupakan sistem kompleks yang mencakup kesenian, moral, adat istiadat, kepercayaan, pengetahuan, hukum, kemampuan, dan lain sebagainya yang diperoleh oleh manusia dari kebiasaan serta pandangan kelompok masyarakat tertentu. Berikut prosedur pengembangan kebudayaan.

Sementara itu, pengembangan kebudayaan adalah proses untuk mengembangkan keberagaman yang merujuk pada aspirasi tujuan suatu bangsa atau negara. Hal ini meliputi berbagai kegiatan mulai dari pengembangan keterampilan, peningkatan akses informasi tentang kebudayaan, dan modernisasi budaya.

Masyarakat juga memiliki andil besar dalam mengembangkan kebudayaan. Maka dari itu, masyarakat harus bisa menghormati dan menghargai perbedaan sekecil apapun dalam suatu kebudayaan. Adapun prosedur dalam pengembangan kebudayaan, yakni:

  • Pengembangan dan pendidikan berbagai kebudayaan lokal yang ada di suatu negara.
  • Pengembangan bahasa, seni, dan sastra.
  • Pengembangan perbukuan pengetahuan.
  • Pemeliharaan, penyelamatan, dan penelitian warisan sejarah kebudayaan nasional serta kebudayaan daerah.

baca juga : Berikut Landasan Pembentukan Naskah Akademik

Pengembangan kebudayaan di suatu bangsa atau negara harus berjalan sesuai dengan nilai-nilai dasar yang berlaku. Sehingga, unsur-unsur negatif dapat dicegah dan dapat menyerap unsur-unsur positif yang memang sangat dibutuhkan. Pengembangan kebudayaan juga sangat berhubungan dengan unsur kebudayaan.

Unsur kebudayaan merupakan suatu elemen yang dapat digunakan sebagai satuan analisis tertentu. Dengan hadirnya elemen tersebut, kebudayaan akan terasa lebih bermakna dan totalitas dibandingkan hanya disebutkan namun tidak memiliki fungsi dan pengaruh di masyarakat. Unsur kebudayaan bersifat universal yang bisa ditemukan di dalam kebudayaan semua bangsa dan tersebar di berbagai dunia. unsur budaya terdiri dari:

  • Peralatan dan perlengkapan hidup manusia, misalnya,  alat-alat rumah tangga, pakaian, perumahan, senjata, alat-alat produksi, transportasi, dan sebagainya.
  • Mata pencarian hidup dan sistem-sistem ekonomi, misalnya, pertanian, peternakan, sistem produksi, sistem distribusi, dan semacamnya.
  • Sistem kemasyarakatan, contohnya, sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, dan sistem perkawinan.
    Bahasa. Dalam suatu negara atau kelompok masyarakat pasti memiliki bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kesenian, misalnya, seni rupa, seni suara, seni gerak, dan sebagainya.
  • Sistem pengetahuan yang mencakup pengetahuan manusia tentang berbagai unsur yang digunakan dalam kehidupannya.
  • Religi, yakni sistem kepercayaan yang dianut oleh tiap-tiap individu.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.