Potensi Destinasi Pariwisata, Apa Untungnya untuk Indonesia?

Bendera Indonesia

Potensi destinasi pariwisata memberikan keuntungan besar bagi negara. Salah satunya adalah berkontribusi besar dalammemberikan sumber pendapatan.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang terdiri dari sand, sea, sun, dan mainland yang memungkinkan untuk dijadikan sumber devisa negara. Serta, berbagai sumber daya alam tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk mendorong pembangunan berkelanjutan.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya alam yang potensial adalah dengan menjadikan tempat pariwisata. Diketahui, bahwa sektor pariwisata sangat berperan dalam pembangunan nasional, sebagai tambahan penghasil pendapatan masyarakat.

Pajak pembangunan yang diperoleh dari sektor ini telah menjadi tumpuan dalam pendapatan asli daerah (PAD). Mengingat pembangunan pada hakekatnya adalah pemanfaatan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan, maka pembangunan pariwisata merupakan salah satu usaha untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Hal ini tentu berkaitan dengan potensi destinasi pariwisata.

Pengembangan potensi destinasi pariwisata merupakan program utama untuk pemasaran pariwisata dengan enam kegiatan pokok, yakni peningkatan promosi pariwisata luar negeri, peningkatan pencitraan Indonesia, peningkatan konvensi, peningkatan promosi pariwisata dalam negeri, dukungan manajemen, serta tugas teknis pengembangan pemasaran pariwisata lainnya.

baca juga: Analisis SWOT Bisnis UMKM Desa

Berhubung tingkat kunjungan wisatawan ke Indonesia dari tahun ke tahun cenderung terus meningkat. Ini membuktikan bahwa sektor pariwisata merupakan industri yang digerakan oleh pasar, sehingga banyak peluang untuk memasarkan produk wisata yang ada di Indonesia. Tentu dalam memasarkan produk wisata ini tidak bisa sendiri melainkan perlu adanya keterlibatan semua pihak, mulai dari pengelola wisata, pemerintah dan masyarakat setempat. Begitu pula dalam pelaksanaannya, sektor pariwisata harus memberikan nilai tambah dengan mendapatkan sentuhan ilmu pengetahuan, teknologi, dan informasi yang dimulai dari analisis pasar. Untuk menganalisis pasar pariwisata diperlukan informasi. Pengolahan informasi ini sangat berkaitan dengan perilaku konsumen. Ketika sudah diperoleh informasi tentu dalam memasarkan diperlukan suatu strategi yang mampu menarik para wisatawan. Tidak lupa, upaya untuk memasarkan potensi destinasi pariwisata yang telah tersedia di alam dapat dilakukan melalui branding dan promotion. Bagi daerah-daerah yang memiliki destinasi pariwisata yang potensial dapat menciptakan keunikan tersendiri. Strategi lainnya adalah melalui develop new attractions, serta membuka pusat informasi dalam bentuk overseas tourist informations centre.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *