Potensi Sumber Daya Alam Pariwisata di Indonesia, Apa Saja?

potensi sumber daya alam di Indonesia

Potensi sumber daya alam pariwisata di Indonesia sangat banyak, berikut merupakan jenis-jenis potensi sumber daya alam di Indonesia tersebut.

Wisata alam adalah destinasi wisata yang memanfaatkan sumber adaya alam. Wisata alam merupakan favorit mayoritas masyarakat, baik yang sudah dikelola maupun yang masih alami. Wisata alam adalah kekayaan terbesar yang dimiliki oleh Indonesia yang harus dijaga keindahan serta kebersihannya. Dengan demikian, Potensi sumber daya alam pariwisata di Indonesia sangat beragam.

Menurut PP Nomor 36 Tahun 2010, wisata alam adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati gejala keunikan dan keindahan alam di kawasan suaka margasatwa, taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam.

baca juga: Inilah Manfaat Potensi Sumber Daya Alam Pariwisata di Indonesia

Wisata alam di Indonesia tentu memiliki potensi sumber daya alam yang beragam dan bisa dimanfaatkan. Di bawah ini merupakan jenis-jenis potensi sumber daya alam di Indonesia, yakni:

1. Taman Margasatwa
Indonesia memiliki taman margasatwa dengan total kurang lebih 70 yang tersebar di beberapa wilayah. Beberapa contoh taman margasatwa yang ada di Indonesia adalahPusat Pelatihan Jaya Wijaya, Gajah Bengkalis, dan Bawean.

2. Taman Hutan Raya
Di taman hutan raya dilakukan upaya pelestarian alam yang meliputi seluruh ekosistem di dalamnya. Beberapa contoh taman hutan raya yang ada di Indonesia adalahGunung Bunder, Prof. Ir. Herman Johannes dan Bukit Barisan.

3. Taman Wisata Alam
Taman wisata alam adalah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk pariwisata. Beberapa contoh taman wisata alam di Indonesia adalah Grojogan Sewu, Ijen, dan Tangkuban Perahu.

4. Wisata Bahari
Indonesia adalah negara yang dikelilingi oleh wilayah perairan. Sehingga, tidak heran bila Indonesia memiliki kawasan konservasi perairan yang sangat luas. Beberapa contoh wisata bahari di Indonesia adalah Labuan Bajo, Bunaken, dan Wakatobi.

Indonesia adalah negara yang mengandalkan sumber daya alam pada industri pariwisatanya. Bila mengacu pada pengertian resmi wisata alam, sebagian tempat wisata alam menerima kunjungan wisata dengan peraturan yang harus ditaati oleh wisatawan, bahkan untuk beberapa lokasi pun harus mengajukan ijin terlebih dahulu.

Sebagai catatan, semua jenis wisata alam yang ada di Indonesia memiliki surat keputusan, baik yang dikeluarkan oleh kementerian maupun oleh pemerintah setempat. Wisata alam merupakan destinasi wisata yang memanfaatkan sumber daya alam beserta potensi dan contohnya untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian alam.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *