Profil Desa Wisata Kandri

Profil Desa Wisata Kandri – Desa Wisata Kandri atau disingkat Dewi Kandri terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Desa ini terkenal dengan wisata alamnya yang indah dan budaya masyarakatnya yang masih kental. Desa Wisata Kandri berstatus sebagai desa wisata berbasis daya tarik alam dan daya tarik budaya. 

Sejarah Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri terbentuk akibat dari pembangunan Waduk Jatibarang yang menyebabkan lahan pertanian milik warga sekitar semakin sempit. Sehingga, muncul keresahan dari warga karena sumber utama mereka dalam mencari penghasilan semakin tergerus. 

Berawal dari keresahan tersebut, muncul lah ide kreatif warga lokal yang berinisiatif untuk membangun destinasi wisata. Untuk menggerakkan daya tarik wisata di Desa Kandri, dibentuk Pokdarwis Pandanaran yang mulanya merupakan para kelompok tani di desa tersebut. Atas inisiasi dan semangat para anggota pokdarwis, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang kemudian menetapkan SK Pokdarwis di Desa Kandri. 

Desa Wisata Kandri kemudian mendapatkan bantuan dari Universitas Negeri Semarang dan PT. Pertamina. PT Pertamina memberikan bantuan dengan membangun Kawasan Ekonomi Masyarakat sebagai tempat untuk mendukung pengadaan kegiatan kepariwisataan. Tempat ini meliputi Omah Pinter Petani, peternakan, area persawahan, kolam pemancingan, dan sebagainya. 

Wisata Alam Desa Wisata Kandri

Daya tarik utama Desa Wisata Kandri adalah Gua Kreo, sebuah gua yang dihuni oleh ratusan kera ekor panjang. Gua ini terletak di sebuah pulau kecil di tengah Waduk Jatibarang. Pengunjung dapat mencapai gua dengan menggunakan perahu. Selain Gua Kreo, Desa Wisata Kandri juga memiliki daya  tarik wisata Air Terjun Curug Lawe dengan ketinggian sekitar 30 meter. 

Wisata Edukasi Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri memiliki wisata edukasi yaitu Ekowisata dan Eduwisata yang dikemas dalam paket wisata bagi rombongan pelajar TK, SD, SMP, SMA, dan Perguruan tinggi. Dilansir dari jadesta.kemenparekraf.go.id, terdapat beberapa paket wisata seperti paket edukasi pertanian bagi anak sekolah dimana anak-anak dapat terjun langsung bersama pemandu lokal untuk praktek menanam padi di sawah. Selain itu, terdapat paket wisata edukasi budidaya singkong, paket edukasi kerajinan tangan melukis caping, paket edukasi gamelan dan karawitan, serta paket edukasi Kandri etnic. 

Wisata Buatan Desa Wisata Kandri

Desa Kandri memiliki wisata buatan berupa Waduk Jatibarang yang dilengkapi dengan adanya perahu wisata, plaza Kandri, dan lokasi pemancingan. Waduk ini sering digunakan sebagai tempat kirab Sesaji Rewanda yang menjadi tradisi masyarakat setempat. Kemegahan waduk Jatibarang berpadu dengan keindahan alam menjadi daya tarik tersendiri.
Baca juga : Kutip bait Tembang Dhandhanggula

Kuliner dan Budaya Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri memiliki kuliner berupa aneka makanan dan cemilan dengan bahan baku singkong, seperti wingsing, jenang tape, dodol tape, sikela, gethuk, aneka kripik, sriping singkong, dan sebagainya. Selain itu, tradisi budaya yang masih lestasi di Desa Wisata Kandri diantaranya Gendongan Lesung, Kempling Kemanak, Gamelan, Karawitan, dan Sanggar Tari. Terdapat tradisi tahunan yang rutin dilakukan, yaitu Prosesi dan Kirab Budaya Sesaji Rewanda, Mahakarya Legenda Gua Kreo, Nyadran Desa, Nyadran Kubur, Nyadran Kali, Barikan dan Sedekah Waduk. 

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *