mostbet az casinolackyjetmostbet casinopin up azerbaycanpin up casino game

Strategi Pemasaran Kahve Café di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Instagram

COVID-19 berdampak besar bagi banyak sektor salah satunya yaitu perhotelan dan restoran. Industri Food and Beverages merupakan industri yang paling berdampak oleh COVID-19. Anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah dan melarang makan ditempat di seluruh rumah makan sangat mempengaruhi industri food and beverages. Penurunan pendapatan sangat terasa dan berdampak negatif terhadap keberlangsungan usaha. Banyak    sekali    industri    food    and beverages     yang     terkena     imbas     dari pandemi COVID-19. Salah satunya adalah Kahve.  Kahve merupakan usaha makanan dan   minuman   yang   beralamat   di   Jalan Ambon No.  14, Bandung dengan konsep tempat industrial modern dan instagramable yang     membuat     Kahve menjadi pilihan tempat untuk di kunjungi.

Pilihan makanan minuman yang banyak juga mampu menarik banyak pengunjung mahasiswa untuk sekadar berkumpul menikmati makanan minuman hingga mengerjakan  tugas.  Pembatasan interaksi sosial masyarakat dalam jumlah besar dan laranganmengadakan perkumpulan  berdampak    pada    penurunan    penjualan makanan    dan    minuman    yang    drastis. Banyak kalangan  muda  senang  berkumpul di   café   dan   restaurant   untuk   sekedar berkumpul  dengan  temannya,  namun  itu tidak   diperbolehkan   karena   aturan   baru setelah     adanya     pandemi COVID-19. Ketakutan muncul di kalangan masyarakat terhadap   transmisi   virus   akibat   kontak dengan    lingkungan    luar    rumah    dan kerumunan massa.

Merebaknya COVID-19 menjadi pukulan  berat  bagi  banyak  orang  terutama yang berhubungan d iindustri makanandan minuman. Banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja, pemotongan  gaji,  tidak  adanya  tunjangan, sehingga masyarakat lebih memprioritaskan kebutuhan pokok. Penggunaan  teknologi  disaat  pandemi ini  menjadi  suatu  hal  yang  tidak  bisa  di hindari   di industri foodand   beverages. Kahve memanfaatkan sosial media terutama Instagram untuk    berinteraksi dengan    konsumen    seperti melakukan promosi     dan menyebarkan informasi terbaru. Kahve memanfaatkan media sosial Instagram sebagai   promosi  utama   agar dapat bertahan di masa pandemi COVID-19.  Dari penjelasan diatas  peneliti  sangat tertarik untuk membahas  dampak  pandemi COVID-19   yang   terjadi   di Kahve   dan strategi yang   diterapkan   Kahveuntuk bangkit di masa pandemi COVID-19.

Dampak yang tejadi pada Kahve sangatlah berpengaruh, dikarenakan terjadinya  penurunan  jumlah  pengunjung. Penanggulangan    yang    dilakukan    oleh Kahve  yakni  seperti  melakukan  promosi menggunkan media sosia, menganekaragaman menu makanan, menyesuaikan  harga  dll hal  ini merupakan langkah baik dalam meminimalisir dampak dari   pandemi CoVid-19. Penerapan   ini tergolong  berhasil  walaupun keuntungan yang     didapatkan     tidak     sebesar     saat sebelum terkena pandemi CoVid-19 namun dapat memaksimalkan arus kas lebih stabil.

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat.

Kata kunci: Konsultan pariwisata, penelitian pariwisata, kajian pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *