Sumber Daya Manusia Dalam Pariwisata

Sumber Daya Manusia Dalam Pariwisata – Sektor   pariwisata   baru-baru   ini   menjadi   bidang  industri yang   potensial   untuk memberikan sumbangsih pada  pertumbuhan  ekonomi  suatu  negara.  Pada  banyak negara  di  dunia,  proses  perencanaan  dan  pengembangan  sektor  pariwisata tidak sering menjadi skala prioritas kerja pemerintahan. Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu komponen yang sangat penting dikarenakan menjadi faktor penentu dalam kemajuan industri pariwisata karena manusia atau orang merupakan sumber daya yang sangat penting bagi sebagian besar organisasi, terutama organisasi berbasis jasa. SDM dalam hal ini sangatlah penting untuk menentukan suatu indikasi dari keberhasilan kinerja sebuah organisasi. Dalam beberapa industri, faktor kemampuan dari manusia dinilai sangat penting untuk sukses. Industri pariwisata, misalnya, memiliki hubungan langsung yang intangible (tak berwujud) dengan pelanggan, yang sangat bergantung pada kemampuan setiap karyawan untuk menumbuhkan minat dan membuat pelanggan senang dan merasa nyaman.

Menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, disebutkan bahwa SDM merupakan “berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah” dapat dikaitkan dengan SDM, sedangkan “seluruh kegiatan yang terkait dengan pariwisata serta sifatnya multidimesional” dapat dikaitkan dengan pariwisata. Setiap elemen manusia yang berkontribusi pada kegiatan pariwisata, baik yang nampak maupun tidak nampak, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dan mewujudkan kepuasan wisatawan serta berdampak positif pada ekonomi, kesejahteraan, dan kelestarian lingkungan dan budaya di suatu tempat wisata.

Semua industri pariwisata yang bekerja di bidang SDM dipastikan ingin memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi yang memenuhi persyaratan kompetensi untuk mencapai tujuan dari sebuah industri pariwisata. SDM ini merupakan sebagian dari proses manajemen sumber daya manusia yang paling penting dan merupakan suatu rangkaian dalam mencapai tujuan sebuah organisasi. SDM ini harus dikembangkan dan dipelihara agar semua fungsi organisasi dapat berjalan seimbang. Hak ini mensyaratkan tujuan bersama untum memperoleh manajemen SDM. 

Baca juga : Blue Green Infrastructure Investasi Hijau Untuk Pariwisata yang Berkelanjutan

Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *