Variasi Gethuk dari Berbagai Daerah

Variasi Gethuk dari Berbagai Daerah – Gethuk, kuliner khas Jawa yang terkenal manis dengan pelengkap parutan kelapa. Dari sejarahnya, gethuk berasal dari daerah Magelang, Jawa Tengah. Di Jawa, gethuk memiliki berbagai variasi, baik dari segi bahan dasar, bentuk, maupun cara penyajiannya. Berikut beberapa variasi gethuk dari berbagai daerah di Jawa. 

  • Gethuk Lindri

Gethuk Lindri berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Gethuk ini memiliki bentuk memanjang seperti lidi dan kemudian disatukan menjadi satu hingga berbentuk seperti gerigi. Orisinal gethuk lindri berwarna putih pucat dan mengandalkan warna alami gula merah atau gula pasir.  Namun terdapat inovasi dengan ditambah pewarna makanan seperti hijau, kuning, dan merah. Gethuk lindri biasa disajikan dengan parutan kelapa atau susu kental manis. 

  • Gethuk Trio

Sama seperti Gethuk Lindri, Gethuk Trio berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Gethuk Trio memiliki tiga warna lapisan, yaitu putih, merah, dan hijau. Gethuk Trio terbuat dari singkong yang direbus, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan gula merah, gula pasir, dan pewarna makanan. Berbeda dengan gethuk pada umumnya, Gethuk Trio berbentuk menyerupai bolu lapis karena dibuat dengan cara menumbuk tiga lapis gethuk menjadi satu. 

  • Gethuk Goreng

Gethuk goreng merupakan kuliner asal Banyumas, Jawa Tengah. Gethuk ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah, santan, dan tepung beras. Tidak seperti pada umumnya, gethuk ini diproses dengan cara digoreng. Gethuk goreng biasa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Banyumas. 

  • Gethuk Pisang

Gethuk pisang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Kuliner ini terbuat dari pisang kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan gula pasir dan sedikit garam. Gethuk pisang biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan susu kental manis. Bahan utama pisang membuat gethuk ini memiliki cita rasa yang unik dan lembut. 

  • Gethuk Sukun 

Berbeda dengan gethuk pada umumnya, gethuk satu ini terbuat dari buah sukun. Proses pembuatan gethuk sukun sama dengan proses pembuatan gethuk pada umumnya, yaitu dengan cara dikukus kemudian dihaluskan dengan campuran gula pasir dan sedikit garam. Karena terbuat dari sukun, gethuk ini memiliki tekstur lebih keras dan padat. Gethuk ini memiliki cita rasa manis dan aroma khas buah sukun. 

  • Gethuk Kurung

Bergeser ke Klaten, Jawa Tengah, di daerah ini terdapat Gethuk Kurung. Gethuk ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah, kemudian dicetak dalam bentuk kurung. Gethuk Kurung biasanya berisi selai nanas, yang membuatnya meleleh saat digigit. Warna Gethuk Kurung bervariasi, bisa berwarna coklat, hijau, kuning, maupun merah muda. 

Baca juga : Boy-Boyan Memelihara Identitas Budaya Melalui Kegiatan Rekreasi Tradisional

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *