mostbet az casinolackyjetmostbet casinopin up azerbaycanpin up casino game

Bagaimana Analisis Potensi Pariwisata di Yogyakarta?

Candi Prambanan

Analisis potensi pariwisata berfungsi untuk mengetahui potensi daya tarik wisata di suatu daerah. Selain itu, masih banyak manfaat-manfaat lain dari adanya analisis potensi pariwisata.

Potensi wisata merupakan segala hal dan kejadian yang diatur dan disediakan sehingga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan pariwisata baik berupa suasana, kejadian, benda, maupun jasa.Wilayah Kabupaten Cianjur memiliki potensi Sumber Daya Alam yang melimpah namun kondisi tersebut mengalami permasalahan yang dibatasi oleh kerentanan dan kelabilan tanah sehingga untuk pengelolaan dibutuhkan strategi yang tepat.

Seperti yang bisa dilihat, Kota Yogyakarta yang notabene  tidak mempunyai sumber daya alam yang dapat diunggulkan sebagai potensi wisata seperti halnya kabupaten lain dalam lingkup Provinsi DIY, namun kunjungan wisatawan senantiasa ada karena Kota Yogyakarta memiliki Malioboro. Potensi yang ada di Kota Yogyakarta berupa budaya sehingga pariwisata Kota Yogyakarta berbasis Pariwisata yang berbudaya. Terdapat 5 (lima) kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta yang mempunyai potensi budaya di masing masing kawasan cagar budaya tersebut, yakni Kotabaru, Pakualaman, Kotagede, Sumbu Filosofi, dan Kraton.

baca juga: Bagaimana Analisis Potensi Pariwisata di Indonesia?

Melihat kondisi demikian, iklim pariwisata di Kota Yogyakarta bisa dikatakan berkualitas karena indikator pariwisata menunjukan bahwa jumlah wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta tiap tahun meningkat dan jauh melampaui target. Berikut regulasi Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengangkat Kawasan Heritage Kotabaru sebagai destinasi wisata malam premium dengan berdasarkan 4 (empat) pilar, yakni:

• Premium

• Malam

• Heritage

• Garden City

Konsentrasi Pemerintah Kota Yogyakarta saat ini terpusat pada bagaimana mengangkat Kotabaru sebagai branding baru destinasi wisata di Kota Yogyakarta, agar sama seperti Malioboro. Kerja keras dilakukan demi mengangkat branding Kawasan Kotabaru disertai dengan strategi promosi kawasan Kotabaru dan membuat paket-paket wisata agar dapat in line dengan 4 pilar di atas. Tidak lupa, pembangunan dan revitalisasi infrastruktur pada kawasan Kotabaru juga semakin diperbaharui.

Paket-paket wisata Kawasan Kotabaru menyasar pada 4 hal yang menjadi tujuan wisatawan, diantaranya:

  • What to buy
  • What to eat
  • What to see
  • What to do

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.