Bentor Moda Transportasi Khas Indonesia

Bentor Moda Transportasi Khas Indonesia – Bentor, atau becak motor, adalah moda transportasi yang populer di beberapa daerah di Indonesia, terutama di Sumatera Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah. Bentor merupakan hasil modifikasi dari becak dayung yang digerakkan oleh mesin sepeda motor.

Bentor pertama kali muncul di Medan, Sumatera Utara, pada tahun 1970-an. Pada awalnya, bentor menggunakan mesin dua langkah Rex buatan Jerman yang sederhana. Kemudian, bentor berkembang menggunakan sepeda kumbang Gobel yang dikayuh untuk menghidupkannya, serta beberapa merek lainnya seperti Zundapp dan DKW. Bentuk betor pun mengalami perubahan seiring berjalannya waktu. Bentor yang awalnya menggunakan rangka kayu, kini menggunakan rangka besi yang lebih kokoh dan tahan lama. Selain itu, betor juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, seperti lampu sein, lampu rem, dan spion.

Pada masa sekarang, bentor telah menggunakan motor produksi baru yang banyak dipasarkan di Indonesia untuk menggerakkan becak tersebut. Sepeda motor yang digunakan di Medan untuk dijadikan becak motor ini biasanya adalah sepeda motor merek Honda Win.

Bentor memiliki kapasitas penumpang yang lebih banyak daripada becak dayung. Bentor biasanya dapat memuat 2-3 orang penumpang. Selain itu, betor juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada becak dayung. Bentor menjadi moda transportasi yang populer di daerah-daerah tersebut karena beberapa faktor, antara lain:

  • Biayanya yang relatif murah.
  • Kapasitas penumpangnya yang lebih banyak.
  • Kecepatan yang lebih tinggi.
  • Fleksibilitas rutenya.

Namun, betor juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Suara mesinnya yang bising.
  • Asapnya yang mengganggu.
  • Bahaya kecelakaannya yang lebih tinggi.

Baca juga : Pengembangan  Ekonomi Kreatif dalam Memajukan Industri Pariwisata

Di Indonesia, betor tidak diakui sebagai moda transportasi resmi. Bentor tidak memiliki izin operasi dari Dinas Perhubungan, sehingga keberadaannya sering kali menimbulkan konflik dengan pihak berwajib. Meski begitu, bentor merupakan salah satu moda transportasi khas Indonesia yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat di beberapa daerah. Bentor menjadi simbol transportasi yang murah, terjangkau, dan fleksibel.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *