Bolu Kojo Kue Tradisional yang Menawan Hati

Bolu Kojo Kue Tradisional yang Menawan Hati – Bolu kojo, nama yang mungkin asing bagi sebagian orang, namun di baliknya tersimpan cita rasa yang lembut, legit, dan wangi, khas kue tradisional Indonesia. Berasal dari Sumatera Selatan, khususnya Palembang, bolu kojo sudah menjadi ikon kuliner yang disukai banyak orang.

Bukan hanya soal rasa, bolu kojo juga menarik dari segi bentuknya. Kue ini biasanya dicetak menggunakan loyang berbentuk bunga kamboja, sehingga masyarakat menamainya “kojo” yang berasal dari kata “kemojo” atau “kamboja”. Bentuk bunga yang cantik ini menambah daya tarik bolu kojo, menjadikannya tak hanya enak, tapi juga indah dipandang.

Bahan dasar pembuatan bolu kojo cukup sederhana, yaitu tepung terigu, telur, gula pasir, santan kelapa, dan mentega. Namun, rahasia kelembutan dan aroma wangi bolu kojo terletak pada penggunaan daun pandan dan vanili. Daun pandan yang disaring dan dicampurkan ke dalam adonan, serta vanili yang ditambahkan secukupnya, mengeluarkan aroma khas yang menggoda selera.

Proses pembuatan bolu kojo pun terbilang mudah. Adonan sederhana yang sudah tercampur rata dimasukkan ke dalam loyang berbentuk bunga kamboja, lalu dikukus atau dipanggang hingga matang. Tekstur bolu kojo yang lembut dan sedikit kenyal akan membuat siapapun jatuh cinta pada gigitan pertamanya.

Tak hanya cocok untuk dinikmati sebagai camilan, bolu kojo juga kerap disajikan pada acara-acara tradisional seperti Lebaran dan pesta pernikahan. Kue ini menjadi simbol keramahan dan kebersamaan masyarakat Palembang.

Kini, popularitas bolu kojo tak hanya terbatas di Sumatera Selatan. Kue ini sudah menyebar ke berbagai daerah lain seperti Jambi, Riau, dan Bengkulu, bahkan hingga ke Malaysia. Namun, meski namanya mungkin berbeda-beda, seperti “kemojo” di Riau atau “koja” di Bengkulu, cita rasa bolu kojo tetap sama, yaitu lembut, legit, dan wangi.

Bagi yang ingin mencoba membuat bolu kojo sendiri, banyak sekali resep yang tersedia di internet. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatan yang tidak rumit, siapapun bisa menyajikan bolu kojo yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

Baca juga : Gunungkidul Surga Wisata Alam di Yogyakarta

Jadi, lain kali jika Anda berkunjung ke Sumatera Selatan, jangan lupa untuk mencoba bolu kojo. Lembutnya tekstur, legitnya rasa, dan wangi aromanya dijamin akan membuat Anda ketagihan dengan kue tradisional yang satu ini.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *