Coban Rondo Daya Tarik Wisata Kota Batu Malang

Coban Rondo Daya Tarik Wisata Kota Batu Malang – Air Terjun Coban Rondo adalah salah satu air terjun terkenal di Jawa Timur yang memiliki legenda dan mitos di balik keindahan dan kemegahannya sebagai sebuah air terjun. Sebagaimana dilaporkan oleh situs website Pemerintah Kabupaten Malang, Coban Rondo merupakan sebuah tempat rekreasi yang terkenal sejak tahun 1980-an. Air terjun Cemoro Dudo mencapai ketinggian sekitar 84 meter.

Lokasi sendiri, Coban Rondo terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Coban Rondo berasal dari kata “coban”, yang memiliki makna “air terjun,” dan “rondo”, yang berarti “janda.” Masyarakat sangat menyukai tempat wisata yang berada di wilayah perhutanan. Tempat ini sangat menarik banyak wisatawan, baik dari luar kota maupun masyarakat setempat.

Air terjun Rondo terletak pada ketinggian 1.134 meter di atas permukaan laut, dengan ketinggian sekitar 84 meter. Tempatnya memiliki udara yang sangat sejuk dan udaranya segar. Ketika memasuki musim penghujan, debit air terjun Coban Rondo dapat mencapai 150 liter per detik, tetapi pada musim kemarau hanya 90 liter per detik. Air terjun ini memiliki titik air yang diterbangkan angin ketika cukup tinggi. Pakaian Anda akan menjadi lebih basah semakin Anda dekat dengan air terjun. 

Baca juga : Jenis Seni Pertunjukkan di Desa Giripurwo

Selain menawarkan pemandangan air terjun yang turun dari tebing, pengelola menawarkan berbagai fasilitas wisata seperti tempat camping, tempat pemancingan, jalur jogging, penginapan, lintasan sepeda gunung, mengitari labirin, dan persemian. Para wisatawan selain menikmati pemandangan alam yang sangat indah juga dapat menikmati suguhan makanan lokal dan khas dari Kota Batu Malang. Saat datang maupun ketika pulang dari kegiatan berwisata di Coban Rondo wisatawan dapat menikmati makanan ataupu ketika sesudah dari kegiatan dari Coban Rondo

Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *