Desa Nglanggeran Desa Terbaik Dunia

Desa Nglanggeran Desa Terbaik Dunia – Berasa di puncak Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, terdapat sebuah desa yang memiliki pemandangan indah yakni Desa Nglanggeran. Desa Nglangeran ini penah menjadi Desa Wisata terbaik di Dunia versi UNWTO Nglanggeran terletak di daerah karst, yang dikenal dengan bentang alamnya yang unik. Formasi batu kapur dan bukit karst memberikan pemandangan yang menakjubkan dan menarik wisatawan yang mencari pengalaman alam yang berbeda.

 Desa Nglanggeran dikelola sebagai desa ekowisata yang berbasis masyarakat. Ini berarti pengembangan pariwisata dilibatkan bersama oleh penduduk setempat, sehingga wisatawan dapat merasakan atmosfer autentik dan berkontribusi langsung pada ekonomi lokal.,Desa ini terkenal karena Gunung Api Purba Nglanggeran yang menjadi daya tarik utama. Wisatawan dapat melakukan pendakian untuk menikmati pemandangan spektakuler dari puncak gunung yang memberikan pandangan luas ke sekitarnya. Desa Nglanggeran memiliki program pendidikan dan pelatihan untuk masyarakat setempat. Ini mencakup pelatihan dalam mengelola pariwisata, menjaga lingkungan, dan merawat warisan budaya mereka, sehingga memastikan keberlanjutan pariwisata yang bertanggung jawab.

Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ekowisata melibatkan produksi kerajinan tangan dari batu kapur setempat. Wisatawan dapat membeli berbagai produk kerajinan ini sebagai kenang-kenangan atau dukungan langsung kepada masyarakat setempat. Desa Nglanggeran juga dikenal dengan kebun buah dan pertanian organiknya. Wisatawan dapat menjelajahi kebun buah yang indah dan belajar tentang praktik pertanian organik yang diadopsi oleh penduduk desa. Selain pendakian gunung, Nglanggeran menawarkan berbagai aktivitas wisata lainnya, termasuk trekking, bersepeda, dan kunjungan ke objek wisata sekitarnya seperti Candi Prambanan dan Ratu Boko. Desa ini berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Inisiatif seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan penggunaan energi terbarukan mencerminkan kepedulian mereka terhadap ekosistem setempat.

Baca juga : Kebencanaan dan Iklim Desa Giripurwo Kecamatan Purwosari

Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *