Desa Wisata Mandiri Budaya Desa Panggungharjo

Desa Wisata Mandiri Budaya Desa Panggungharjo – Desa Panggungharjo terletak di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa ini memiliki sejarah yang kaya, dengan tradisi dan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun oleh penduduk setempat. Di tengah-tengah pesatnya perkembangan teknologi dan modernisasi, Desa Panggungharjo mempertahankan keaslian budaya dan tradisinya, menjadikannya sebagai destinasi wisata budaya yang menarik.

Desa Panggungharjo memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, terutama karena keunikan budaya dan tradisi yang dimiliki. Berikut adalah beberapa potensi pariwisata yang dimiliki oleh Desa Panggungharjo:

  1. Kesenian Tradisional 
  2. Pertanian Organik 
  3. Kerajinan Tangan 
  4. Wisata Alam

Untuk mengembangkan potensi pariwisata mereka, Desa Panggungharjo telah mengadopsi pendekatan mandiri dan berkelanjutan. Beberapa inovasi yang dilakukan oleh desa ini termasuk:

  1. Pengelolaan Wisata Berbasis Masyarakat: 
  2. Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan.
  3. Pelatihan dan Pendidikan Desa Panggungharjo 

Kemudian, untuk dampak positif dari adopsi pendekatan mandiri dan berkelanjutan dalam pengembangan pariwisata, Desa Panggungharjo telah mencapai berbagai dampak positif, antara lain:

  1. Pemberdayaan Ekonomi Lokal
  2. Pemeliharaan Budaya

3.Pemeliharaan Lingkungan

Desa Wisata Mandiri Budaya Panggungharjo merupakan salah satu manifestasi dari cerita yang inspiratif tentang bagaimana pengembangan pariwisata dapat dilakukan secara mandiri dan berkelanjutan. Dengan mempertahankan warisan budaya mereka dan memanfaatkan potensi alam yang melimpah, Desa Panggungharjo tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik tetapi juga memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat lokal dan lingkungan mereka. Melalui pendekatan yang berkelanjutan.
Baca juga : Pengelolaan Pariwisata yang Cermat: Menuju Destinasi Berkelanjutan

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *