Dhingklik Oglak Aglik Permainan Tradisional Penuh Kekompakan dan Keceriaan

Dhingklik Oglak Aglik Permainan Tradisional Penuh Kekompakan dan Keceriaan – Di tengah gempuran permainan digital, permainan tradisional seperti Dhingklik Oglak Aglik sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak. Padahal, permainan sederhana ini bukan hanya menyenangkan, tapi juga sarat dengan nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Yuk, kenali lebih jauh tentang Dhingklik Oglak Aglik. 

Asal dan Cara Bermain 

Dhingklik berasal dari bahasa Jawa yang berarti tempat duduk, sementara oglak-aglik berasal dari bahasa Jawa juga yang berarti mudah goyah. Artinya permainan ini menirukan sebuah bangku yang kondisinya tidak stabil dan modah goyah atau mudah jatuh. 

Dilansir dari Panturapost.com, permainan Dhingklik Oglak Aglik disebut dalam buku Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis oleh Iswinarti, bahwa permainan ini merupakan dolanan tradisional khas Jawa Tengah. Permainan ini biasanya dimainkan oleh tiga hingga lima anak dalam satu regu. 

Cara memainkan permainan ini cukup mudah, semua pemain cukup berdiri berpegangan tangan membentuk lingkaran. Kemudian masing-masing pemain mengangkat satu kaki dan saling mengaitkan dengan kaki rekan lainnya sambil menyanyikan lagu “Dhingklik Oglak Aglik”. Setiap pemain harus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh. Regu yang bertahan paling lama dengan posisi kaki saling mengaitkan menjadi pemenang. 

Nilai yang Ditanamkan 

Dhingklik Oglak Aglik bukan sekedar permainan, permainan ini memiliki nilai-nilai tertentu yang dianggap baik. Dhingklik oglak aglik mengajarkan kerja sama dan kekompakan untuk menjaga keseimbangan dan saling bahu membahu. Permainan ini juga melatih komunikasi antar pemain, karena pemain perlu berkomunikasi untuk mengatur tempo gerakan dan memberikan aba-aba agar bisa bergerak selaras. 

Selain itu, meskipun ada kompetisi, permainan ini mengajarkan kepada setiap pemain untuk saling mendukung dan menghargai kemenangan regu lain. Terakhir, permainan ini menjadi sarana hiburan yang menyehatkan bagi anak-anak disamping disrupsi teknologi gadget yang sedang marak bagi anak-anak. 

Baca juga : Karimun Jawa Jepara

Dhingklik Oglak-Aglik adalah salah satu contoh permainan tradisional yang kaya manfaat. Ayo ajak anak-anak berteman dengan Dhingklik Oglak-Aglik dan permainan tradisional lainnya. Ini bukan hanya untuk melestarikan budaya, tapi juga untuk membekali mereka dengan nilai-nilai positif yang dibutuhkan dalam kehidupan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *