Ekowisata Tangkahan Destinawi Ikonik Sumatera Utara

Ekowisata Tangkahan Destinawi Ikonik Sumatera Utara – Tangkahan dikelilingi oleh kekayaan alam yang luar biasa. Sungai Bahorok yang mengalir deras, hutan tropis yang rimbun dengan flora dan fauna endemik, serta udara segar yang mengalir melalui pepohonan menjadikan Tangkahan sebagai tempat yang ideal untuk pelarian dari hiruk pikuk perkotaan. Pesona alamnya yang memikat membuat setiap pengunjung terpesona oleh keindahan yang tak terlupakan.

Salah satu daya tarik utama Tangkahan adalah Sungai Bahorok. Sungai ini tidak hanya mempesona dengan keindahan alamnya, tetapi juga menawarkan pengalaman rafting yang menegangkan. Melintasi air deras di antara tebing-tebing curam sambil menikmati pemandangan hutan hijau adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi para petualang.

Tangkahan juga merupakan rumah bagi kebun Rafflesia yang langka. Rafflesia, bunga terbesar di dunia, bisa ditemukan di habitat aslinya di sini. Pengunjung dapat menjelajahi hutan dan beruntung melihat keindahan langka ini mekar.

Gajah Sumatera, yang hampir punah, mendapat perlindungan di Tangkahan. Di sini, mereka ditempatkan dalam program penangkaran dan pelepasliaran kembali ke habitat alami mereka. Pengunjung memiliki kesempatan langka untuk berinteraksi langsung dengan gajah-gajah ini dan menyaksikan kegiatan konservasi yang penting.

 

Tangkahan bukan hanya tentang pariwisata. Ini adalah tentang keseimbangan antara menjaga keindahan alam dan memberdayakan komunitas lokal. Upaya konservasi di Tangkahan tidak hanya melindungi lingkungan, tetapi juga memberikan mata pencaharian yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Program penangkaran gajah di Tangkahan adalah salah satu yang terbesar di Indonesia. Gajah-gajah yang diselamatkan dari penangkapan liar atau konflik dengan manusia dirawat dengan baik di sini sebelum dilepasliarkan kembali ke alam liar. Hal ini membantu memperkuat populasi gajah Sumatera yang terancam punah.
Baca juga : Memahami Suku Badui Kehidupan Tradisional di Tengah Modernitas

Pengembangan ekowisata di Tangkahan memberikan peluang ekonomi yang signifikan bagi penduduk setempat. Masyarakat lokal terlibat dalam berbagai kegiatan, mulai dari pengelolaan akomodasi hingga menjadi pemandu wisata alam. Pendapatan yang diperoleh dari pariwisata membantu meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi tekanan pada sumber daya alam.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *