Event Pariwisata Manfaat dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi

Event Pariwisata Manfaat dan Pengaruhnya Terhadap Ekonomi – Event pariwisata adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan di suatu tempat untuk menarik wisatawan. Event pariwisata dapat berupa berbagai macam kegiatan, seperti festival, konser, lomba, pameran, dan lain-lain. Event pariwisata memiliki banyak manfaat bagi suatu daerah, antara lain:

  • Meningkatkan kunjungan wisatawan

Event pariwisata dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah. Wisatawan yang tertarik dengan event tersebut akan datang ke daerah tersebut untuk menyaksikan atau berpartisipasi dalam event tersebut. s

  • Meningkatkan perekonomian daerah

Event pariwisata dapat meningkatkan perekonomian daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung, event pariwisata dapat meningkatkan pendapatan dari sektor pariwisata, seperti tiket masuk, penginapan, makanan dan minuman, dan suvenir. Secara tidak langsung, event pariwisata dapat meningkatkan perekonomian daerah, seperti dengan menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan industri kreatif.

  • Meningkatkan promosi daerah

Event pariwisata dapat menjadi sarana promosi daerah. Melalui event pariwisata, daerah tersebut dapat memperkenalkan potensi wisatanya kepada wisatawan dari berbagai daerah maupun negara. 

  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Event pariwisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan event tersebut. Masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan event tersebut dapat memperoleh penghasilan dari kegiatan tersebut.

Pengaruh event pariwisata terhadap ekonomi dapat dilihat dari beberapa indikator, antara lain:

  • Peningkatan jumlah wisatawan
  • Peningkatan pendapatan dari sektor pariwisata
  • Peningkatan jumlah lapangan kerja
  • Peningkatan pertumbuhan industri kreatif

Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, event pariwisata di Indonesia telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional. Pada tahun 2022, event pariwisata telah mendatangkan 1,1 juta wisatawan mancanegara dan menghasilkan devisa sebesar Rp1,2 triliun.

Baca juga : Kajian Belanja Wisatawan

Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan event pariwisata di Indonesia. Pemerintah menargetkan untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara dan menghasilkan devisa sebesar Rp200 triliun pada tahun 2024.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat. Kerja sama yang baik dari berbagai pihak diperlukan untuk mewujudkan event pariwisata yang berkualitas dan berdampak positif bagi perekonomian nasional.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di+62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *