Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Pengelolaan Pesisir dan Pulau Kecil

Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Pengelolaan Pesisir dan Pulau Kecil di Indonesia – Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) menjadi salah satu instrumen penting dalam mengelola pesisir dan pulau kecil di Indonesia secara berkelanjutan. Sebagai negara maritim dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia memiliki tantangan unik dalam mempertahankan ekosistem pesisir dan pulau kecil yang beragam dan rentan terhadap perubahan lingkungan. Salah satu contoh konkret dari pengelolaan pesisir dan pulau kecil dengan menggunakan KLHS adalah pengembangan kawasan pesisir untuk tujuan pariwisata.

Studi Kasus: Pengembangan Kawasan Pesisir untuk Pariwisata Berkelanjutan

  1. Identifikasi Masalah: Sebelum melakukan pengembangan, KLHS akan mengidentifikasi masalah lingkungan yang mungkin timbul akibat pembangunan pariwisata, seperti kerusakan terumbu karang akibat aktivitas snorkeling yang tidak terkendali.
  2. Analisis Dampak: KLHS akan menganalisis dampak potensial dari pembangunan pariwisata terhadap lingkungan, termasuk perubahan pola arus akibat pembangunan pantai dan peningkatan limbah plastik.
  3. Pengembangan Alternatif: Berdasarkan analisis dampak, KLHS akan mengembangkan alternatif pengembangan pariwisata yang ramah lingkungan, seperti pembangunan jalan setapak untuk mengurangi tekanan terhadap terumbu karang.
  4. Konsultasi Publik: KLHS akan melibatkan masyarakat lokal, pemangku kepentingan, dan ahli lingkungan dalam proses perencanaan, sehingga keputusan yang diambil dapat memperhitungkan kepentingan dan kebutuhan semua pihak.
  5. Pemantauan dan Evaluasi: Setelah pengembangan pariwisata dilaksanakan, KLHS akan melakukan pemantauan dan evaluasi dampak secara berkala untuk memastikan bahwa kegiatan pariwisata tidak merusak lingkungan dan masyarakat sekitar.

Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Pengelolaan Pesisir dan Pulau Kecil – Dengan implementasi KLHS yang baik dalam pengelolaan pesisir dan pulau kecil, diharapkan pembangunan pariwisata di kawasan pesisir dapat dilakukan secara berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal sambil menjaga kelestarian lingkungan laut dan pesisir.
Baca juga : Berikut Daftar Pelatihan Pariwisata yang Mudah untuk Dilakukan

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

 

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.