Keindahan Arsitektur Liege-Guillemins

Keindahan Arsitektur Liege-Guillemins – Stasiun Kereta Api Liege-Guillemins, sebuah keajaiban modern di jantung Belgia, mengubah gagasan tentang apa itu stasiun kereta api. Dirancang oleh arsitek visioner Santiago Calatrava dan diresmikan pada tahun 2009, mahakarya arsitektur ini berdiri sebagai simbol inovasi, fungsionalitas, dan keindahan.

Terletak di kota Liege, stasiun ini berfungsi sebagai pusat transportasi penting, menghubungkan wisatawan lokal dan internasional dengan layanan kereta berkecepatan tinggi. Desainnya bercirikan garis-garis tebal dan menyapu, serta kesan pergerakan yang membangkitkan dinamisme perjalanan modern.

Di jantung Liege-Guillemins terdapat kanopi yang menakjubkan, struktur bergelombang yang panjangnya lebih dari 200 meter dan menjulang hingga ketinggian 32 meter. Terdiri dari baja dan kaca, kanopi tampak melayang dengan mudah di atas platform, menciptakan kesan ringan dan terbuka.

Di bawah kanopi, interior stasiun merupakan studi tentang kelapangan dan efisiensi. Sinar matahari masuk melalui jendela dari lantai ke langit-langit, menyinari ruang pertemuan dan platform yang luas di bawahnya. Desainnya yang minimalis, bercirikan garis-garis yang bersih dan palet warna yang netral, menciptakan rasa tenang dan tenteram di tengah ramainya suasana stasiun kereta api.

Liege-Guillemins lebih dari sekedar pusat transportasi; ini adalah landmark budaya dan sumber kebanggaan bagi kota Liege. Arsitekturnya yang mencolok telah membuatnya mendapat pengakuan internasional, menarik pengunjung dari seluruh dunia untuk mengagumi keindahan dan kecerdikannya.

Baca juga : Inovasi Arsitektur Modern Stasiun Mediopadana

Sebagai bukti signifikansi arsitekturnya, Liege-Guillemins telah diakui dengan berbagai penghargaan, termasuk Brunel Award for Railway Design yang bergengsi. Ini merupakan contoh cemerlang bagaimana desain inovatif dapat meningkatkan lanskap perkotaan dan meningkatkan pengalaman perjalanan bagi jutaan orang.

Demikian artikel ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *