Kepariwisataan di Kalurahan Giripurwo

Kepariwisataan di Kalurahan Giripurwo – Pariwisata dapat digunakan untuk menjadi salah satu sumber penghasilan suatu daerah karena pariwisata dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Hal tersebut dapat membantu UMKM baik dari segi jasa, kuliner dan lainnya untuk memasarkan produknya. Seperti halnya di Kalurahan Giripurwo, salah satu objek wisata menarik untuk dikunjungi adalah laut Bekah. Wisata laut Bekah sendiri memiliki panorama keindahan dengan dikelilingi oleh tebing-tebing curam dengan ketinggian 90 mdpl. Selain itu, tempat ini menjadi spot memancing yang bagus karena lokasinya yang dekat salah satu palung laut yang menjadi surga bagi hewan-hewan laut seperti ikan dan lobster dan juga para wisatawan sesekali dapat melihat ikan paus atau hiu dari atas tebing. Posisi tebing yang menjorok ke laut dengan kemiringan 180 derajat dan tanpa adanya halangan pandangan dapat membuat kita menikmati sunset dengan sempurna. Untuk fasilitas yang disediakan seperti tempat penginapan, tempat parkir, kuliner, toilet umum dan lain sebagainya memang belum memadai. Oleh karena itu,masyarakat di Kalurahan Giripurwo dapat memanfaatkan potensi ini untuk membangun atau mengembangkan UMKM-nya baik dari segi jasa, kuliner dan lainnya.

Berdasarkan Keputusan Lurah Giripurwo Kapanewan Purwosari Kabupaten Gunungkidul No.4/KPTS/2022 tentang penetapan pengelolaan desa wisata Kalurahan Giripurwo tahun anggaran 2022, bahwa Desa Wisata Giripurwo memiliki potensi dan daya tarik wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya dalam satu Kawasan tertentu yang terintegrasi dengan didukung atraksi, akomodasi dan fasilitas lainnya yang telah dilembagakan dan dikelola oleh Pemerintah Kelurahan bersama masyarakat. 

Didalam surat keputusan telah ditetapkan pengelolaan Desa Wisata Giripurwo yang berkedudukan di Kelurahan Giripurwo Kapanewon Purwosari Kabupaten Gunungkidul bertugas mengelola potensi daya tarik wisata didukung atrkasi, akomodasi, dan fasilitas lain untuk kesejahteraan masyarakat. Saat ini sudah ada 35 anggota yang masuk dalam struktur pengurus pengelola desa wisata seperti terlihat pada tabel dibawah ini.

Tabel 4. 8 Daftar Pengurus Pengelolaan Desa Wisata

No. Nama Jabatan
1 Parjiyo  Ketua 
2 Sosro diyanto Wakil Ketua
3 Sulistiyanto Sekretaris I
4 Desi Watiningsih Sekretaris II
5 Ariyani  Bendahara I
6 Sudarmano  Bendahara II
7 Sugiyanto  Sie Daya Tarik Wisata
8 Suharman  Anggota 
9 Suharso wiyono Anggota 
10 Erwin alfianto  Anggota 
11 Riyani  Anggota 
12 Sunaryo  Sie homestay
13 Hermanto  Anggota 
14 Ratijo  Anggota 
15 Subarno  Anggota 
16 Sri lestari Sie Kuliner
17 Sunarni  Anggota 
18 Sutrisno  Anggota 
19 Endang tri martani Anggota 
20 Suwarno  Sie Pemandu 
21 Karyono  Anggota 
22 Surono Anggota 
23 Suharyanto  Anggota 
24 Kusnan  Sie Promosi dan Pemasaran
25 Riswanto  Anggota 
26 Fahrudin anwar  Anggota 
27 Restiyono  Anggota 
28 Catur handani  Sie kelembangaan dan pemberdayaan masyarakat
29 Supriyanti  Anggota 
30 Isnain astori  Anggota 
31 Sujiyo  Anggota 
32 Agus kristanta Sie pembangunan dan sarana
33 Sukarman Anggota 
34 Sutiyanta  Anggota 
35 Joko suprihatin  Anggota 

Baca juga : Tips Memilih Akomodasi Wisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *