Keunikan motif batik dan teknik pembuatannya

batik

Keunikan motif batik dan teknik pembuatannya – Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu. Setiap motif dan teknik pembuatannya mencerminkan sejarah dan kearifan lokal sehingga menciptakan keindahan yang tiada duanya. Di antara berbagai jenis batik, batik Tunturm Jogja dinilai memiliki keunikan dengan motif dan teknik pembuatannya yang menawan.

Keunikan Motif, Batik Tuntorum Jogja terkenal dengan kombinasi berani berbagai motif yang mencerminkan tingginya kreativitas perajinnya. Motif-motif tersebut seringkali terinspirasi dari lingkungan alam, mitologi, bahkan cerita rakyat yang diturunkan secara turun temurun. Salah satu motif yang mewakili Batik Tunturm Jogja adalah motif parang. Motif ini mempunyai makna simbolis yang mendalam dan melambangkan kekuatan, keberanian dan kestabilan. Selain itu, motif bunga seperti “Sid Mukti” yang melambangkan kebahagiaan dan kesuburan juga banyak terlihat pada Batik Tunturm Jogja. Batik Tunturm Jogja juga dikenal dengan motif geometrisnya yang rumit dan terkadang membingungkan. Motif-motif ini menunjukkan kepiawaian para perajin yang memadukan berbagai bentuk untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan.

  Teknologi Manufaktur, Teknologi pembuatan Batik Tunturm Jogja juga menjadi salah satu daya tarik utamanya. Berbeda dengan teknik  batik tulis pada umumnya, Batik Tunturm Jogja menggunakan teknik cap untuk menghasilkan motif yang rumit dan detail. Pertama, kain yang akan dijadikan batik direndam dalam larutan lilin panas. Celupkan stempel kecil bergambar motif yang diinginkan  ke dalam lilin panas dan tempelkan dengan hati-hati pada kain.  Proses ini memerlukan ketrampilan dan kesabaran yang tinggi agar tercipta motif  yang diinginkan. Setelah semua motif  dicap, kain  direndam dalam larutan pewarna alami atau kimia, tergantung keinginan pengrajin. Setelah proses pewarnaan selesai, kain  dicuci untuk menghilangkan lilin dan proses tie-dye selesai.

Batik Tuntorum Jogja lebih dari sekedar kain, melainkan sebuah karya seni yang penuh makna dan keunikan. Mulai dari motif yang mencerminkan kehidupan sehari-hari hingga teknik kerajinan yang membutuhkan kesabaran dan keterampilan, setiap karya Batik  Jogja Thuntorum memiliki cerita dan keindahan yang tiada duanya. Beragamnya motif dan tingginya seni produksinya menjadikan Batik Tunturm Jogja sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan dan diapresiasi. Melalui keindahannya, Batik Tuntorum Jogja mengajarkan kita untuk selalu memahami dan memperkaya kekayaan budaya masyarakat Indonesia.

Baca juga : Peluang investasi dan pengembangan usaha di Buayan Kebumen

Kami selaku konsultasi pariwisata mengucapkan terimakasih kepda instansi tekait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi para pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di +62 812-3299-9470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *