Kopi Joss Minuman Unik Yogyakarta dengan Percikan Bara

Kopi Joss Minuman Unik Yogyakarta dengan Percikan Bara – Kopi joss, kopi arang, atau kopi bara adalah minuman khas Yogyakarta yang cukup unik. Bukan hanya karena rasanya yang khas, tetapi juga karena proses pembuatannya yang melibatkan arang panas yang dimasukkan langsung ke dalam gelas kopi.

Asal Usul dan Legenda:

Kopi joss pertama kali muncul di Yogyakarta pada tahun 1960-an. Konon, seorang penjual kopi bernama Lik Man menambahkan arang ke dalam kopi atas permintaan seorang pelanggan yang mengalami sakit perut. Arang dipercaya dapat menetralisir asam kopi dan meredakan sakit perut.

Proses Pembuatan:

Proses pembuatan kopi joss terbilang sederhana. Kopi bubuk diseduh dengan air panas, lalu ditambahkan gula sesuai selera. Bagian menariknya adalah ketika arang panas yang masih menyala dijepit dengan menggunakan penjepit dan kemudian dimasukkan ke dalam gelas kopi. Arang akan mendesis dan mengeluarkan bunyi “joss” yang menjadi asal mula nama minuman ini. Arang kemudian diangkat setelah beberapa detik, dan kopi joss siap dinikmati.

Rasa dan Keunikan:

Cita rasa kopi joss umumnya digambarkan sebagai kopi hitam pekat dengan aroma sedikit gosong dari arang. Beberapa orang menganggap rasanya tidak jauh berbeda dengan kopi biasa, sementara yang lain merasakan sensasi unik seperti karamel atau gula bakar.

Kontroversi dan Bahaya Kesehatan:

Meskipun populer, kopi joss tidak lepas dari kontroversi. Arang yang digunakan dikhawatirkan mengandung zat berbahaya jika tidak diproses dengan baik. Beberapa ahli kesehatan juga memperingatkan potensi efek negatif seperti gangguan pencernaan, kembung, bahkan radang usus buntu.

Jika Anda tertarik untuk mencoba kopi joss, pastikan untuk memilih penjual yang menggunakan arang berkualitas baik dan diproses dengan benar. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Baca juga : Upacara Bekakak Sebuah Kelestarian Budaya Yogyakarta

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *