Lemang Makanan Tradisional Khas Indonesia

Lemang Makanan Tradisional Khas Indonesia – Lemang adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan, yang dimasak dengan santan kemudian dibakar di dalam batang bambu. Lemang merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang populer di berbagai daerah, terutama di wilayah Sumatera dan Kalimantan. 

Lemang memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Tekstur Lemang kenyal dan lengket. Biasanya Lemang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, baik manis maupun asin, seperti rendang; telur; sambal; gula merah; dan durian.

Cara Membuat Lemang

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras ketan
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdt garam
  • 5 batang bambu
  • Daun pisang, secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras ketan, kemudian rendam selama 2 jam.
  2. Campurkan beras ketan yang sudah direndam dengan santan kental dan garam. Aduk hingga rata.
  3. Masukkan adonan ketan ke dalam batang bambu yang sudah dilapisi daun pisang.
  4. Bakar lemang di atas api arang atau oven selama kurang lebih 2 jam, atau sampai matang.

Makna Lemang

Lemang memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah, Lemang sering disajikan di berbagai upacara adat. Seperti pada upacara pernikahan, upacara kelahiran, bahkan upacara kematian.

Lemang yang disajikan dalam upacara adat biasanya memiliki makna yang khusus/ Misalnya lemang yang disajikan dalam upacara adat pernikahan melambangkan harapan agar pengantin selalui hidup rukun dan bahagia.

Variasi Lemang

Lemang memiliki berbagai macam variasi yang berbeda-beda di setiap daerah asalnya. Di Sumatera, lemang biasa disajikan dengan kuah durian. Di Jawa, lemang biasa disajikan dengan kelapa parut dan gula merah. Sedangkan di Kalimantan, lemang biasanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah.

Baca juga : Ketersediaan Perumahan Indonesia

Lemang merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa yang unik dan khas. Lemang juga memiliki makna tersendiri dan berperan dalam adat istiadat masyarakat Indonesia.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *