Manfaat Penyusunan Kajian Potensi Wilayah Tata Guna Lahan

Manfaat Penyusunan Kajian Potensi Wilayah Tata Guna Lahan – Penyusunan kajian potensi wilayah tata guna lahan (TGU) membawa berbagai manfaat penting bagi berbagai pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga pelaku usaha. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh:

Manfaat bagi Pemerintah:

  • Memandu penyusunan RTRW yang efektif dan efisien: Kajian TGU menjadi landasan utama dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang sesuai dengan potensi dan daya dukung wilayah. Hal ini membantu pemerintah dalam membuat kebijakan tata ruang yang tepat sasaran dan meminimalisir konflik pemanfaatan lahan.
  • Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD): Dengan TGU yang tertata, pemerintah dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan untuk berbagai kegiatan ekonomi, seperti kawasan industri, pariwisata, dan perdagangan. Hal ini berpotensi meningkatkan PAD dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
  • Mencegah kerusakan lingkungan: Kajian TGU membantu mengidentifikasi potensi kerusakan lingkungan akibat pemanfaatan lahan yang tidak terkendali, sehingga pemerintah dapat merumuskan strategi pencegahan dan penanggulangannya. Hal ini berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik: TGU yang terencana membantu pemerintah dalam menyediakan infrastruktur dan pelayanan publik yang memadai bagi masyarakat, seperti jaringan jalan, sekolah, dan rumah sakit.

Manfaat bagi Masyarakat:

  • Meningkatkan kesejahteraan: TGU yang tertata menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kehidupan masyarakat, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
  • Menciptakan lapangan kerja: Pemanfaatan lahan yang optimal untuk kegiatan ekonomi dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, sehingga mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat.
  • Meningkatkan akses terhadap kebutuhan dasar: TGU yang terencana membantu pemerintah dalam menyediakan akses yang mudah terhadap kebutuhan dasar masyarakat, seperti air bersih, sanitasi, dan energi.
  • Meningkatkan rasa aman dan nyaman: TGU yang tertata dan rapi menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat untuk tinggal dan beraktivitas.

Baca juga : Analisis Potensi Destinasi Wisata di Malang

Manfaat bagi Pelaku Usaha:

  • Kepastian berusaha: Kajian TGU memberikan kepastian bagi pelaku usaha dalam memilih lokasi usaha yang sesuai dengan peraturan dan potensi wilayah. Hal ini meningkatkan iklim investasi dan mendorong pertumbuhan usaha.
  • Efisiensi biaya: Pemanfaatan lahan yang optimal dapat membantu pelaku usaha dalam menghemat biaya operasional, seperti biaya transportasi dan logistik.
  • Peluang bisnis baru: Kajian TGU dapat membantu para pelaku usaha dalam mengidentifikasi peluang bisnis baru yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan wilayah.
  • Meningkatkan daya saing: TGU yang tertata dan rapi dapat meningkatkan daya saing wilayah dalam menarik investasi dan wisatawan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.