Membaca Pasca Pandemi Tren Perjalanan Wisatawan Indonesia

Membaca Pasca Pandemi Tren Perjalanan Wisatawan Indonesia – Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek kehidupan, termasuk kebiasaan berwisata. Kini, memasuki era pasca pandemi, industri pariwisata mulai bangkit dengan tren baru yang menarik untuk dikaji. Artikel ini mengupas tuntas tren perjalanan wisatawan Indonesia pasca pandemi, membuka peluang baru bagi para pelaku usaha di bidang pariwisata.

Beberapa kajian yang mengulas tentang tren perjalanan wisatawan Indonesia menyebutkan bahwa perjalanan wisata pasca pandemi banyak ditujukan sebagai bentuk balas dendam berwisata (revenge travel). Tren ini sebagai bentuk kerinduan untuk berlibur setelah sekian lama terkurung memicu ledakan minat berwisata.

Pandemi Covid-19 membuat daya tarik pariwisata menerapkan protokol kesehatan, meliputi kebersihan, kesehatan, dan keamanan menjadi prioritas utama wisatawan. Selain itu, daya tarik wisata lokal dan domestik lebih diminati dibandingkan wisata mancanegara.

Tren staycation atau berlibur di sekitar tempat tinggal menjadi pilihan popular untuk menghindari keramaian. Wisatawan pun lebih sadar akan kelestarian alam dan lingkungan, sehingga cenderung memilih daya tarik wisata yang ramah lingkungan. Penggunaan teknologi seperti penggunaan platform online untuk mencari informasi, memesan tiket, dan akomodasi semakin meningkat. 

Pasca pandemi membuat terbukanya peluang sekaligus tantangan baru bagi pengembangan industri pariwisata. Adapun peluang dan tantangan di era baru pariwisata diantaranya:

  • Meningkatnya Permintaan Wisata Domestik, yaitu peluang bagi pelaku usaha wisata lokal untuk mengembangkan produk dan layanan yang menarik bagi wisatawan Indonesia.
  • Kebutuhan Protokol Kesehatan yang Keta, yaitu tantangan dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan di destinasi dan akomodasi wisata.
  • Pengembangan Wisata Berkelanjutan, yaitu tantangan untuk menciptakan destinasi wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.
  • Adaptasi Terhadap Kebutuhan Wisatawan Baru, yaitu tantangan bagi pelaku usaha wisata untuk memahami dan memenuhi kebutuhan wisatawan yang terus berkembang.

Pasca pandemi, industri pariwisata Indonesia dihadapkan dengan tren baru yang perlu dipahami dan diantisipasi. Dengan memahami tren dan peluang yang ada, pelaku usaha pariwisata dapat beradaptasi dan menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan di era baru ini.
Baca juga : Analisis Pasar Wisata Halal di Indonesia

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *