Mencicipi Cita Rasa Karo Mengenal Cimpa Kue Manis Unik

Mencicipi Cita Rasa Karo Mengenal Cimpa Kue Manis Unik – Berkunjung ke Tanah Karo, Sumatera Utara, tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Selain Bolu Meranti dan Lemang, ada satu lagi camilan yang wajib dicoba yaitu Cimpa. Kue basah manis ini terbuat dari beras ketan dan dibalut daun pisang, menghadirkan cita rasa Karo yang autentik dan unik.

Cimpa: Lebih dari Sekadar Kue

Cimpa bukan sekadar camilan biasa. Kue ini memiliki makna dan sejarah yang dalam bagi masyarakat Karo. Cimpa sering disajikan pada acara-acara adat seperti pesta panen (Merdang Merdem), pesta pernikahan, dan perayaan lainnya. Menyantap Cimpa bersama-sama melambangkan kekeluargaan, kebersamaan, dan rasa syukur.

Beragam Wajah Cimpa

Cimpa sendiri memiliki beberapa jenis, masing-masing dengan karakteristiknya tersendiri:

  • Cimpa Unung-unung: Jenis yang paling umum. Isiannya terbuat dari gula merah dan parutan kelapa, dibungkus daun pisang, dan dikukus hingga matang.
  • Cimpa Tuang: Bentuknya mirip Cimpa Unung-unung, namun adonan luarnya digoreng terlebih dahulu sebelum diberi isian.
  • Cimpa Matah: Adonan dibuat tanpa dimasak, lalu diisi dengan gula merah dan parutan kelapa. Cimpa Matah biasanya disajikan dalam bentuk kecil-kecil. 
  • Cimpa Bohan: Adonan dan isian dimasukkan ke dalam bambu, kemudian dikukus. Cimpa Bohan memiliki aroma khas bambu yang menambah kelezatannya.

Sensasi Rasa yang Menyenangkan

Cimpa menawarkan perpaduan rasa yang menarik. Tekstur lembut dan kenyal dari beras ketan berpadu harmonis dengan manisnya gula merah dan gurihnya parutan kelapa. Aroma daun pisang yang harum menambah sensasi nikmat saat mencicipinya.

Mencari Cimpa di Tanah Karo

Cimpa mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional dan penjual makanan kaki lima di Tanah Karo. Anda juga bisa mencicipinya di restoran-restoran yang menyajikan menu khas Karo. Harga Cimpa biasanya cukup terjangkau, sehingga Anda bisa puas menikmatinya tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Baca juga : Pentingnya Kajian Travel Pattern

Cimpa: Warisan Kuliner Karo

Mencicipi Cimpa tidak hanya sekadar menikmati kue. Ini adalah pengalaman merasakan warisan kuliner dan budaya Karo. Dari cara pembuatannya yang tradisional hingga makna di baliknya, Cimpa menjadi simbol penting bagi masyarakat Karo.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Tanah Karo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Cimpa. Kue sederhana ini akan memberikan pengalaman kuliner yang unik dan tak terlupakan, sekaligus memperkaya pemahaman Anda tentang budaya Karo yang kaya dan beragam.

Demikian artikel ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *