Mengenal Candi Borobudur

Mengenal Candi Borobudur – Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan arsitektur klasik yang paling megah di Indonesia. Dibangun pada abad ke-9 Masehi, candi ini mencerminkan kemegahan dan keindahan gaya arsitektur klasik Jawa. Terdiri dari sembilan tingkat yang membentuk piramida terbalik, Candi Borobudur memiliki struktur yang sangat kompleks dengan total 504 arca Buddha dan 2.672 panel relief yang menggambarkan cerita tentang kehidupan dan ajaran Buddha. Arsitektur Candi Borobudur mencerminkan prinsip-prinsip matematis dan kosmologi Buddha, dengan susunan yang simetris dan proporsional yang menggambarkan kosmos dan alam semesta. Struktur batu bata merah yang diukir dengan indah dan presisi memberikan keindahan visual yang menakjubkan, sementara stupa-stupa besar yang terletak di puncak candi menambah kesan kemegahan. Candi Borobudur tidak hanya merupakan monumen arsitektur yang luar biasa, tetapi juga merupakan pusat spiritual dan pemujaan Buddha yang penting bagi masyarakat Jawa dan dunia pada umumnya. Dengan keanggunan dan kebesarannya, Candi Borobudur tetap menjadi salah satu situs bersejarah yang paling mengagumkan dan menjadi tujuan wisata utama di Indonesia.

Meskipun tidak ada catatan pasti mengenai arsitek yang merancang Candi Borobudur, para ahli cenderung percaya bahwa candi ini dibangun di bawah pengawasan seorang arsitek yang terampil dan dipengaruhi oleh para pandai batu Jawa pada masa itu.

Namun, ada sebuah teori yang diusulkan oleh seorang arkeolog Belanda bernama NJ Krom pada tahun 1927 yang menyebutkan bahwa seorang arsitek bernama Gunadharma dapat menjadi tokoh penting di balik pembangunan Candi Borobudur. Teori ini didasarkan pada prasasti Kayumwungan yang menggambarkan sebuah pusat keagamaan besar yang didirikan oleh seorang raja bernama Samaratungga di bawah bimbingan seorang arsitek terkemuka pada saat itu, yaitu Gunadharma. Namun, karena kurangnya sumber historis yang konkret, identitas arsitek yang sebenarnya tidak pernah terungkap secara pasti, dan pembangunan Candi Borobudur tetap menjadi misteri sejarah yang menarik bagi para sejarawan dan arkeolog.

Baca juga : Arsitektur Art Deco

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *