Oplet Kendaraan Angkutan Umum Khas Jakarta yang Tak Lekang oleh Waktu

Oplet Kendaraan Angkutan Umum Khas Jakarta yang Tak Lekang oleh Waktu – Oplet adalah sebuah istilah bagi mobil penumpang ukuran kecil yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Pada tahun 1960-an dan 1970-an oplet menjadi kendaraan umum yang paling populer di Jakarta. Trayek yang paling banyak dilalui oplet adalah Jatinegara – Kota. Rutenya adalah Stasiun Jatinegara melewati Matraman Raya, Salemba Raya, Senen, Pasar Baru, terus memutar di Harmoni. Setelah berdiri Terminal Kampung Melayu, keberadaan oplet lebih mendapat tempat. Trayek-trayek lain juga ada di beberapa wilayah, misalnya trayek Kampung Melayu – Tanah Abang, Kota – Tanjung Priok, dan Tanah Abang – Kebayoran Lama. 

Oplet adalah kendaraan angkutan umum yang berasal dari mobil sedan Morris Traveller buatan Inggris dengan sebuah ban yang dimodifikasi. Selain itu, mobil yang dijadikan oplet umumnya merupakan merek Austin, sehingga orang Betawi lebih suka menyebut ostin, bukan oplet.

Pabrik karoseri untuk memodifikasi oplet pada masa lalu terdapat di Meester Cornelis. Dalam modifikasinya, bagian oplet dibagi menjadi dua. Pertama untuk supir dengan pintu samping dan penumpang satu orang, kedua untuk penumpang. Lantai di ruangan penumpang terbuat dari kayu dengan atap dari seng dan rangka kayu. Sedangkan jendela oplet terbuat dari kayu dan plastik yang dibentangkan dan bisa dinaik-turunkan.

Oplet memiliki warna-warna yang cerah dan menarik, seperti biru, hijau, merah, dan kuning. Warna-warna tersebut digunakan untuk menarik perhatian penumpang. Oplet juga dilengkapi dengan tulisan-tulisan yang unik dan lucu, seperti “Oplet Si Doel”, “Oplet Jakarta”, dan “Oplet Wisata”.

Baca juga : Pantai-Pantai Indah di Lampung

Oplet menjadi simbol transportasi umum di Jakarta. Kendaraan ini menjadi saksi bisu perkembangan kota Jakarta. Oplet juga menjadi bagian dari budaya Betawi. Kini, oplet sudah mulai jarang terlihat di jalan-jalan Jakarta. Hal ini disebabkan oleh perkembangan transportasi umum yang semakin modern. Namun, oplet masih tetap menjadi ikon transportasi umum di Jakarta.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungu admin kami di +62 812-3299-9470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *