Pagit-Pagit Mencicipi Kuliner Ekstrem Khas Karo dengan Cita Rasa Unik

Pagit-Pagit Mencicipi Kuliner Ekstrem Khas Karo dengan Cita Rasa Unik – Bagi sebagian orang, wisata kuliner bukan hanya tentang mencicipi hidangan yang enak dan menggugah selera, tetapi juga tentang mencoba pengalaman baru dan unik. Dan bagi para petualang kuliner, Pagit-Pagit, makanan khas Suku Karo di Sumatera Utara, bisa menjadi tantangan yang menarik.

Apa itu Pagit-Pagit?

Pagit-Pagit, yang juga dikenal sebagai Trites, adalah makanan berkuah yang terbuat dari bahan yang tidak biasa, yaitu isi perut sapi, kerbau, atau kambing yang belum dicerna. Isinya yang diambil adalah bagian yang sudah dihaluskan oleh hewan tersebut, namun belum terserap nutrisinya.

Meski terdengar ekstrem, Pagit-Pagit sebenarnya memiliki sejarah dan tradisi yang kuat di masyarakat Karo. Di masa lalu, bagian perut hewan ini dianggap sebagai bagian yang berharga dan tidak terbuang. Selain itu, dipercaya juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit perut.

Proses Pembuatan Pagit-Pagit

Membuat Pagit-Pagit membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Bagian perut hewan yang sudah dipisahkan dibersihkan secara menyeluruh dan digiling hingga halus. Ampasnya dibuang, dan air perasannya yang mengandung sari-sari makanan itulah yang digunakan untuk membuat kuah.

Kuah Pagit-Pagit biasanya diberi bumbu rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan serai. Tak ketinggalan, santan dan daun tapioka atau daging juga ditambahkan untuk menambah citarasa dan tekstur.

Cita Rasa dan Penyajian Pagit-Pagit

Meskipun bahan dasarnya tidak biasa, Pagit-Pagit ternyata memiliki rasa yang unik dan lezat. Kuahnya gurih dan creamy bercampur dengan aroma rempah-rempah yang khas. Teksturnya sedikit kenyal dan lembut, mirip dengan soto. Pagit-Pagit biasanya disajikan dengan nasi putih dan perkedel kentang. Hidangan ini paling nikmat disantap saat masih hangat, terutama di cuaca dingin pegunungan Karo.

Mencoba Pagit-Pagit

Bagi yang berani mencoba pengalaman kuliner yang berbeda, Pagit-Pagit bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa hidangan ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi yang sensitif terhadap makanan yang tidak biasa.

Baca juga : Perubahan Fungsi Apartemen : Peluang Baru untuk Pariwisata

Pagit-Pagit Mencicipi Kuliner Ekstrem Khas Karo dengan Cita Rasa Unik – Jika Anda tertarik mencoba Pagit-Pagit, cobalah cari rumah makan tradisional Karo yang terkenal dengan hidangan ini. Pastikan kebersihan dan kualitas bahan-bahan yang digunakan untuk menjamin keamanan dan kenikmatan mencicipi kuliner ekstrem yang satu ini.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *