Pariwisata Berkualitas Harus Didukung Oleh Sumber Daya Berkualitas

Pariwisata Berkualitas Harus Didukung Oleh Sumber Daya Berkualitas – Sebagai sektor yang terus berkembang, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor pendorong ekonomi Indonesia. Adanya pandemi Covid-19, memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata Indonesia, dimana terjadi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang semakin menguat pasca pandemi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat bahwa kontribusi pariwisata di tahun 2023 menyumbang sekitar 3,83% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar 3,60% (Kemenparekraf, 2023). 

Menanggapi tren positif dari pertumbuhan pariwisata ini, sudah semestinya dirumuskan strategi baru dalam perkembangan pariwisata Indonesia. Transisi pandemi menuju pasca pandemi menjadi momentum bagi pariwisata Indonesi untuk bangkit dan mempersiapkan strategi pariwisata Indonesia. 

Bicara mengenai pariwisata bukan hanya menjurus pada destinasi wisata dan jumlah kunjungan wisatawan, namun juga kepada kesan dan pengalaman yang didapatkan oleh wisatawan yang berkunjung. Saat ini, tren pariwisata sudah berkembang menuju pada pariwisata berkualitas (quality tourism). Penerapan konsep pariwisata berkualitas akan menciptakan kesempatan pendapatan dari produk pariwisata yang berkualitas tinggi.   

Ada beberapa hal penting yang menjadi perhatian dalam menciptakan pariwisata berkualitas, yaitu pengalaman berkualitas saat berkunjung (quality of experience), investor mendapatkan keuntungan berkualitas (quality of profit), dan kualitas hidup masyarakat setempat (quality of life). Pariwisata berkualitas juga memegang kunci dalam branding dan promosi budaya daerah. Adanya pengalaman unik bagi wisatawan, akan memberikan kesan yang baik sehingga mendorong wisatawan untuk berkunjung kembali hingga mempromosikan daerah tersebut kepada orang lain. 

Baca juga : Peninggalan Warisan Budaya Benda Situs Bangunan Struktur

Untuk itu, menciptakan pariwisata berkualitas harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang berkualitas, diversifikasi produk, hingga pada branding dan pemasaran wisata. Langkah strategis dalam mencapai pariwisata berkualitas dapat diwujudkan dengan melibatkan pemberdayaan masyarakat lokal, konservasi alam, dan peningkatan kesadaran terhadap pelestarian sumber daya yang dimiliki. Target dan strategi tersebut hanya dapat dicapai jika ada kolaborasi terpadu lintas sektor dengan melibatkan stakeholder dari pemerintah pusat, daerah, hingga masyarakat lokal.  Jika pariwisata berkualitas berhasil diwujudkan maka dapat menjadi peran penting dalam mendukung perkembangan daerah tersebut dan mampu memberikand dampak pertumbuhan ekonomi setempat. 

 

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 0812-3299-9470

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − two =

Latest Comments