Apa Saja Prinsip-Prinsip Pemasaran Wisata?

Buku Pemasaran Wisata

Pemasaran wisata berfungsi untuk memperkenalkan destinasi wisata secara lebih umum dan lebih lengkap

Pemasaran yang secara umum didefinisikan sebagai proses yang kontinu dan bertahap dimana manajemen dari organisasi di industri pariwisata
merencanakan, meneliti, mengimplementasikan, mengendalikan, dan mengevaluasi aktivitas yang dirancang untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dan tujuan dari organisasi tersebut.

Terdapat tujuh prinsip kunci dalam pemasaran wisata yang penting untuk dipelajari, yakni sebagai berikut:

a. Orientasi Pemasaran
Memiliki orientasi pemasaran berarti bahwa organisasi telah menerima konsep pemasaran dan bertindak sesuai dengan orientasi ini yang telah ditetapkan.

b. Konsep Pemasaran
Saat organisasi yang menghasilkan produk atau jasa pariwisata mengadopsi konsep pemasaran, hal ini berarti bahwa mereka percaya bahwa memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen adalah prioritas utama. Mereka akan terus menerus menempatkan diri mereka sebagai konsumen. Mereka secara terus menerus mencurahkan sumber daya dan upaya untuk memuaskan konsumen.

 

c. Segmentasi pasar
Konsumen tidak sama, banyak ilmuwan memunculkan konsep segmentasi pasar yang mendiskirpsikan konsep ini. Organisasi harus memilih sekelompok orang tertentu atau pasar sasaran dan memfokuskan upaya pemasaran pada kelompok tersebut.

baca juga : Berikut Cara-Cara untuk Melakukan Promosi Pariwisata?

d. Memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen
Untuk memastikan keberlangsungan jangka panjang dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, semua organisasi yang menyediakan produk atau jasa
pariwisata harus menyadari bahwa kunci keberadaan mereka adalah kepuasan konsumen. Dalam era orientasi pemasaran, mereka harus selalu waspada pada peluang untuk merubah kebutuhan dan keinginan konsumen menjadi penjual.

e. Siklus hidup produk
Siklus hidup produk menyatakan bahwa semua produk atau jasa pariwisata telah melalui beberapa tahapan seperti pendahuluan, pertumbuhan, dewasa, dan penurunan. Pendekatan pemasaran perlu untuk dimodifikaasi di setiap tahapan untuk mencegah supaya produk tidak mengalami penurunan, itu adalah strategi jangka panjang

f. Nilai dan proses pertukaran
Nilai dan nilai yang didapatkan atas uang adalah yang digunakan dalam bisnis di era sekarang ini dan kehidupan sehari-hari. Nilai merupakan perkiraan
mental yang dibuat oleh konsumen atas kemampuan organisasi tersebut untuk memuaskan kebutuhan dan konsumen mereka.

g. Bauran Pemasaran
Setiap organisasi memiliki bauran pemasaran. Perumusan bauran pemasaran adalah bagian dari strategi pemasaran yang penting yang digunakan
sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar sasaran tertentu.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470. 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 3 =

Latest Comments