Keuntungan Pemetaan Objek Wisata, Apa Saja?

Ilustrasi Peta Wisata

Pemetaan objek wisata berguna sebagai sarana untuk penyajian suatu daerah tujuan wisata. Berikut merupakan keuntungan-keuntungan lainnya dari keberadaan pemetaan objek wisata.

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat karena banyak memberi keuntungan, antara lain meningkatkan dan meratakan pendapatan masyarakat, dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dan memperkenalkan seni dan hasil kerajinan kearifan lokal untuk dipasarkan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

Salah satu sektor yang mempunyai peranan cukup penting dalam pembangunan berkelanjutan suatu negara adalah sektor pariwisata. Pembangunan yang berkelanjutan pada pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh dan terpadu dengan sektor-sektor pembangunan lainnya sehingga tetap terpelihara kepribadian bangsa dan kelestarian lingkungan hidup.

baca juga: Potensi Sumber Daya Wisata di Provinsi Bali 2024

Selain itu, pariwisata juga dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah. Perkembangan pariwisata perlu direncanakan dan dikelola secara baik oleh pemerintah daerah (BAPPEDA) sehingga dapat membuahkan hasil-hasil yang memuaskan dalam bidang ekonomi maupun sosial serta menghindarkan pengaruh-pengaruh yang negatif.

Sektor pariwisata sebagai bagian dari kegiatan perekonomian telah menjadi andalan yang potensial dan menjadi prioritas pengembangan bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia yang mempunyai potensi wilayah
yang luas disertai daya tarik wisata yang besar, baik karena banyaknya keindahan alam, aneka warisan sejarah budaya dan kehidupan masyarakat yang beragam. Maka dari itu, dibutuhkan pemetaan objek wisata agar lebih mengetahui potensi-potensi apa saja di bidang pariwisata yang bisa dikembangkan.

Industri pariwisata pasti memiliki adanya sumber daya yang dapat menimbulkan ketertarikan bagi para wisatawan yang berkunjung seperti contohnya rasa nyaman, senang, indah, dan bersih; adanya ciri khusus atau spesifikasi yang bersifat langka; adanya aksesibilitas yang tinggi untuk dapat mengunjunginya; adanya sarana dan prasarana penunjang untuk melayani para wisatawan yang hadir. Kemudian, terdapat beberapa kriteria yang dipertimbangkan bagi calon pengunjung wisata atau wisatawan dalam memilih sebuah lokasi wisata seperti keindahan, faktor harga, keamanan, sarana dan prasarana, jarak, aksesibilitas, infrastruktur dan suprastruktur, serta lokasi.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.