Pemetaan Potensi Wisata Berbasis Sistem Informasi Geografis

Pemetaan Potensi Wisata Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG): Menuju Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan – Di era modern, pariwisata telah menjadi salah satu sektor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah wisatawan, muncul pula berbagai tantangan, seperti degradasi lingkungan, eksploitasi budaya, dan ketimpangan ekonomi. Untuk menjawab tantangan ini, kajian tentang pemetaan potensi wisata berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) menjadi kian krusial. 

Sistem Informasi Geografis (SIG) menawarkan kajian mendalam tentang potensi wisata suatu wilayah. Dengan menggabungkan data geospasial dan informasi deskriptif, SIG mampu memetakan berbagai aspek penting, diantaranya sebagai berikut.

  • Jenis wisata, meliputi wisata alam, budaya, bahari, dan sebagainya;
  • Daya tarik wisata, meliputi situs bersejarah, pantai, gunung, dan sebagainya;
  • Aksesibilitas, meliputi infrastruktur jalan, transportasi umum, dan sebagainya;
  • Fasilitas pendukung wisata, meliputi akomodasi, restoran, tempat ibadah, toilet, dan sebagainya;
  • Kapasitas daya tampung, yaitu batas maksimal wisatawan yang dapat diterima tanpa merusak lingkungan dan budaya lokal
  • Dampak lingkungan, meliputi pencemaran, kerusakan hutan, alih fungsi lahan;
  • Dampak ekonomi, meliputi besar kontribusi pariwisata terhadap pendapatan lokal, potensi lokasi penciptaan lapangan pekerjaan, dan peta potensi investasi pariwisata. 

Informasi yang dihasilkan dari pemetaan ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan memahami potensi dan batasan suatu wilayah, kajian ini dapat membantu pemangku kepentingan dalam merumuskan strategi pariwisata yang tepat, meliputi: 

  • Pengembangan produk wisata, dengan menciptakan paket wisata yang sesuai dengan minat dan kebutuhan wisatawan;
  • Pengelolaan destinasi wisata, dengan menjaga kelestarian lingkungan dan budaya lokal;
  • Pemberdayaan masyarakat lokal, dengan meningkatkan partipasi masyarakat dalam pariwista dan memastikan mereka mendapatkan manfaat yang adil 

Pemetaan potensi wisata berbasis SIG merupakan langkah awal yang krusial dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan. Dengan kajian yang cermat dan implementasi yang tepat, pariwisata dapat menjadi pendorong pembangunan yang bermanfaat bagi semua pihak, baik wisatawan, masyarakat lokal, maupun lingkungan.
Baca juga : Studi Kasus Kepuasan Pelanggan dalam Industri Jasa Pariwisata

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.