Pengelolaan Destinasi Wisata Lawang Sewu, Sangat Inovatif

Pengelolaan Destinasi Wisata Lawang Sewu

Pengelolaan destinasi wisata Lawang Sewu, Semarang mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Hal ini dilakukan untuk menarik minat wisatawan yang datang.

Kota Semarang memiliki berbagai destinasi wisata, baik wisata heritage, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, dan lain sebagainya. Untuk mencapai objek wisata Lawang Sewu Kota Semarang, wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas transportasi darat, laut, dan udara.

Kota Semarang mempunyai stasiun kereta api, terminal bus, pelabuhan udara (bandara), serta pelabuhan laut yang terkoneksi dengan seluruh kota di Indonesia maupun akses ke luar negeri. Lawang Sewu berlokasi di pusat Kota Semarang yang bisa diakses oleh siapa saja. Objek wisata Lawang Sewu juga berdekatan dengan pusat oleh-oleh khas Kota Semarang, pusat pemerintahan Kota Semarang, dan berdekatan dengan berbagai pusat keramaian Kota Semarang.

Jumlah wisatawan yang mengunjungi Kota Semarang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, wisatawan dapat menikmati wisata pada pagi hingga sore hari bahkan wisata khusus tengah malam. Hal ini dikarenakan pengelolaan destinasi wisata Lawang Sewu mengalami peningkatan dan inovasi setiap tahunnya.

baca juga : Membangun infrastruktur Pariwisata untuk Wisata Pedesaan

Konsep strategi dan perumusannya sangat penting untuk diaplikasikan dalam pengelolaan pariwisata. Perencanaan menjadi alat yang paling penting untuk memberikan arah dan batasan serta tujuan dari kegiatan pengembangan pariwisata. Namun, dalam suatu rencana yang mengarah pada tujuan jangka panjang dengan memperhatikan penyesuaian kondisi terhadap perubahan lingkungan internal dan eksternal maka dibutuhkan strategi yang mendasarinya.Adapun strategi pengelolaan destinasi wisata lawang sewu adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan fasilitas yang ada
  2. Meningkatkan pelayanan
  3. Meningkatkan atraksi pendukung serta
  4. Memperbaiki infastruktur
  5. Mengembangkan destinasi wisata lainnya di Semarang sebagai destinasi komplemennya.

Untuk mengembangkan objek wisata Lawang Sewu kedepan maka diperlukan regulasi yang tepat khususnya regulasi yang berkaitan dengan peningkatan eksistensi Lawang Sewu. Promosi pendekatan yang kreatif dan menyentuh kalangan usia muda akan lebih mendorong peningkatan kunjungan wisata ke Lawang Sewu.

Pembenahan fasilitas dan taman yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung serta penataan yang rapi akan lebih menarik minat wisatawan. Apalagi, Lawang Sewu bila dikonstruksi seperti saat kejayaan tempo dulu dengan sungai mengalir jernih dan polder yang berfungsi sebagai penampung air yang tetap terjaga kebersihannya serta penghilangan kesan kumuh di sekitar lokasi Lawang Sewu.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *