Perkembangan Pariwisata di Indonesia, Berikut Faktor-Faktor Pendukungnya?

Destinasi Pariwisata di Indonesia

Faktor-faktor pendukung perkembangan pariwisata di Indonesia sangatlah beragam, beberapa diantaranya adalah faktor lokasi, faktor fasilitas, dan faktor kualitas pelayanan.

Pengembangan pariwisata untuk perkembangan parwisata sangat ditentukan oleh seberapa besar potensi supply dan demand. Potensi supply memberikan gambaran seberapa besar daya tarik obyek wisata yang dimiliki oleh suatu Daerah Tujuan Wisata (DTW). Sedangkan, potensi demand memberikan gambaran seberapa besar potensi wisatawan yang datang dari Daerah Asal Wisatawan (DAW).

Pengembangan pariwisata saat ini mulai menjadi salah satu program unggulan dalam pembangunan daerah di Indonesia. Pengembangan pariwisata tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah serta mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia . Pengembangan pariwisata dan perkembangan pariwisata adalah dua hal yang sangat berhubungan. Tetapi, bukan berarti keduanya adalah hal yang sama. Selain pengembangan pariwisata, terdapat juga beberapa faktor pendukung lainnya yang mempengaruhi perkembangan suatu pariwisata. Faktor-faktor pendukung tersebut, diantaranya:

baca juga: Pemetaan Desa Wisata untuk Pengembangan Wisata

  • Faktor Fasilitas

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi pada keputusan wisatawan adalah fasilitas yang ada pada objek wisata. Objek wisata yang memberikan suasana menyenangkan ditambah dengan adanya fasilitas yang menarik akan mempengaruhi wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata. Artinya, bahwa salah satu faktor kepuasan wisatawan dipengaruhi juga oleh fasilitas yang terdapat di objek wisata. Semakin baik fasilitas yang dimiliki oleh objek wisata, maka semakin tinggi pula keputusan wisatawan dalam mengunjungi objek wisata tersebut.

  • Faktor Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung para wisatawan. Kualitas pelayanan sangat mempengaruhi kesan wisatawan saat berkunjung ke objek wisata. Jadi, semakin baik kualitas pelayanan maka semakin meningkat nilai kepuasan wisatawan saat mengunjungi objek wisata.

  • Faktor Lokasi

Lokasi sangat mempengaruhi keputusan wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata. Artinya, semakin baik lokasi wisata maka akan semakin meningkat pula nilai keputusan wisatawan dalam mengunjungi obyek wisata. Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan aksesibilitas. Suatu objek wisata tidak akan dikunjungi apabila aksesibilitas menuju objek wisata tersebut sulit untuk dijangkau. Maka dari itu, keterjangkauan dan kemudahan untuk mencapai lokasi objek wisata harus diutamakan.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

 

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Latest Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.