Statistik Kunjungan Wisatawan D.I. Yogyakarta: Desember 2023

statistik kunjungan wisatawan

statistik kunjungan wisatawan

Perkembangan Pariwisata D.I. Yogyakarta pada Desember 2023 menunjukkan peningkatan yang signifikan, terutama dalam jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan tingkat penghunian kamar hotel. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) D.I. Yogyakarta, terdapat beberapa poin penting yang perlu dicermati untuk memahami tren pariwisata di wilayah ini.

Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Pada Desember 2023, D.I. Yogyakarta mencatat sebanyak 11.338 kunjungan wisatawan mancanegara. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 17,19 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yaitu November 2023, yang mencatat 9.675 kunjungan. Peningkatan ini menggambarkan daya tarik D.I. Yogyakarta yang terus menarik minat wisatawan asing.

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel

Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel di D.I. Yogyakarta juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada Desember 2023. Untuk hotel berbintang, TPK mencapai 73,73 persen, naik 6,96 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sedangkan untuk hotel non-bintang, TPK berada pada angka 33,75 persen, meningkat 10,67 poin dibandingkan dengan November 2023. Peningkatan TPK ini menunjukkan peningkatan minat wisatawan untuk menginap di berbagai jenis akomodasi yang tersedia di D.I. Yogyakarta.

Baca juga : Tren Pariwisata Hari Ini: Mengupas Fenomena dan Strategi Terbaru

Rata-rata Lama Menginap

Selain peningkatan jumlah kunjungan dan TPK, rata-rata lama menginap tamu di hotel juga menjadi indikator penting dalam menilai perkembangan pariwisata. Pada Desember 2023, rata-rata lama menginap di hotel berbintang mencapai 1,56 hari, sedangkan di hotel non-bintang mencapai 1,16 hari. Angka ini mencerminkan bahwa wisatawan cenderung menikmati lebih banyak waktu di D.I. Yogyakarta, yang dapat berdampak positif pada sektor ekonomi lokal.

Perkembangan positif ini menunjukkan bahwa D.I. Yogyakarta terus menjadi destinasi yang diminati oleh wisatawan mancanegara. Peningkatan jumlah kunjungan, TPK hotel, dan rata-rata lama menginap menunjukkan bahwa sektor pariwisata di D.I. Yogyakarta berada pada jalur yang baik untuk terus berkembang. Pemerintah dan pelaku industri pariwisata perlu terus berinovasi dan menjaga kualitas pelayanan untuk mempertahankan tren positif ini.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di 081232999470.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *