Watak Tokoh Wayang Batara Bayu

Watak Tokoh Wayang Batara Bayu – Wayang Jawa adalah seni pertunjukan boneka tradisional yang berasal dari Jawa, Indonesia. Wayang memiliki sejarah panjang dan kaya, dan memainkan peran penting dalam budaya Jawa. Belajar wayang Jawa adalah pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan. Wayang dapat membantu Anda mempelajari budaya Jawa, mengembangkan keterampilan kreatif Anda, dan mendapatkan teman baru.

Salah satu tokoh wayang jawa yaitu Sang Hyang Bayu atau disebut juga dengan Hyang Pawaka, yaitu dewa yang melambangkan kekuatan. Batara Bayu dalam pewayangan Jawa adalah dewa angin yang berkuasa atas angin dan udara. Beliau digambarkan sebagai sosok tua namun gagah, berjenggot putih, dengan perawakan atletis dan memiliki warna kebiruan atau kehijauan. Beliau tinggal di Khayangan Panglawung, istana yang berada di puncak Gunung Bayu.

Batara Bayu memiliki ayah bernama Batara Guru dan ibu bernama Dewi Uma, sementara istrinya bernama Dewi Sumi. Batara Bayu pernah menjadi raja Mayapada di negara Medanggora dengan gelar Prabu Bhima. Batara Bayu merupakan putra keempat Batara Guru yang lahir dengan perlambang angin, karena pada saat lahir terjadi badai topan yang sangat dahsyat. 

Batara Bayu memiliki peran sebagai dewa angin, dimana dirinya mengendalikan semua angin dan udara di dunia. Beliau memastikan keseimbangan iklim dan cuaca demi kelangsungan hidup di bumi. Dalam cerita pewayangan, Batara Bayu sering tampil sebagai penengah perselisihan dan pembimbing para ksatria. Beliau dikenal sebagai sosok yang bijaksana, adil, dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Beliau menjadi guru bagi Hanoman, tokoh kera sakti dari Ramayana Jawa. Dengan bimbingan Batara Bayu, Hanoman memperoleh kekuatan dan kesaktiannya.

Baca juga : Eksplorasi Destinasi D’kandang Amazing Farm Depok

Dalam pertunjukan wayang, Batara Bayu biasanya digambarkan sedang terbang atau berdiri di atas awan. Beliau mengenakan pakaian khas dan membawa pusaka bernama “Kapilayu”, sejenis kipas yang dapat mengendalikan angin. Sebagai dewa angin, Batara Bayu memiliki beberapa simbolisme yaitu 1) kekuatan dan keteguhan, karena angin bisa bergerak dengan cepat dan sulit dihentikan; 2) perubahan dan ketidaktetapan, karena angin bisa berubah-ubah arahnya, dan 3) kecerdasan dan kebijaksanaan, karena angin mampu membawa benih dan menyebarkan pengetahuan. Tokoh wayang Batara Bayu merupakan salah satu karakter penting dalam budaya Jawa. Beliau mengajarkan nilai-nilai kebaikan, keadilan, dan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *