Wisata Budaya Umah Wayang Kemukusan

omah wayang

Wisata Budaya Umah Wayang Kemukusan – Umah wayang kemukusan merupakan wisata tematik budaya. Rumah biasa dengan gaya joglo disulap menjadi museum budaya khususnya aneka wayang. Di umah wayang kemukusan mempunyai beberapa wisata paket, yaitu paket wisata atraksi, paket wisata jalan situs budaya, paket wisata permainan anak dan paket bermain alat musik karawitan dan wayang. Sebagai destinasi tujuan wisata, Purbalingga memiliki berbagai macam wisata salah satunya wisata budaya. Desa Selakambang yang merupakan desa wisata terdapat wisata budaya Umah Wayang Kemukusan. Rumah berbentuk joglo yang disulap oleh pemiliknya Bapak Kusno menjadi menjadi museum budaya khususnya koleksi wayang.

Umah Wayang merupakan wisata tematik budaya yang berisi berisi wayang, gamelan, dan galeri. Di rumah itu juga terdapat wayang golek buatan almarhum Eyang Hartono yang juga asli Selakambang. Wayang golek yang ditampilkan cerita Ramayana dan wayang Golek Menak dari sejarah masa Islam.

Area belakang rumah terdapat bunker yang konon jadi tempat persembunyian dan sudah direvitalisasi. Bunker tersebut disulap menjadi semacam museum mini yang menyimpan berbagai perkakas kuno. Pengunjung tak hanya menikmati dan melihat-lihat, tetapi juga bisa sambil belajar. Umah Wayang ditujukan bagi semua kalangan untuk belajar tentang seni budaya di Kabupaten Purbalingga. Pengunjung bisa belajar dari cerita pewayangan yang mengandung nilai hidup dan moral masyarakat Jawa.

Paket wisata yang ditawarkan bagi pengunjung, diantaranya paket wisata atraksi budaya, paket wisata jalan situs budaya, paket wisata permainan anak dan paket bermain alat musik karawitan dan wayang. Beberapa atraksi wisata yang ditampilkan di Umah Wayang, yaitu ebeg banyumasan, lengger banyumasan, seni begalan, wayang kulit edukasi, dan wayang golek edukasi. Tempat ini menyediakan penginapan homestay untuk menginap bagi pengunjung luar kota. Aneka souvenir pernak-pernik gantungan kunci wayang dan gantungan kunci karakter bisa menjadi oleh-oleh. Gantungan kunci bentuk wayang bawor yang merupakan ikon Kabupaten Purbalingga jadi salah satu souvenir yang ada di Desa Selakambang. Sedangkan, gantungan kunci karakter wayang terbuat dari bahan kulit kambing.

Baca juga : Arsitektur Gothic Keajaiban Kreativitas Manusia yang Abadi

Kami selaku konsultan pariwisata mengucapkan terimakasih kepada Instansi terkait atas kepercayaan dan kerjasamanya. Demikian artikel penelitian pariwisata ini disusun, semoga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dalam pembangunan pariwisata setempat. Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *