5 Desa Wisata Favorit yang ada di Kota Yogyakarta

5 Desa Wisata Favorit yang ada di Kota Yogyakarta – Kota Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menawarkan berbagai macam keindahan dan keunikan pariwisata yang dimiliki.  Selain pantai dan gunung yang menjadi tempat destinasi wisata di Kota Yogyakarta, ada juga destinasi wisata lain yang bisa dikunjungi yakni desa wisata. Desa wisata tersebut memiliki berbagai macam pesona dan ciri khasnya masing-masing. Berikut merupakan daftar desa wisata yang terdapat di Kota Yogyakarta :

  1. Desa Kasongan

            Desa kasongan termasuk desa yang cukup familiar bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Kerajinan gerabah menjadi daya tarik yang membuat tempat wisata ini cukup terkenal. Desa Kasongan terletak di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu barang yang seringkali diincar oleh para wisatawan yang datang ke desa kasongan adalah patung loro blonyo. Patung ini dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai pembawa keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya.

  1. Desa Tembi

            Desa tembi menghadirkan objek-objek yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah restoran, cottage, galeri batik, dan Museum Rumah Budaya Tembi. Di museum Rumah Budaya Tembi, wisatawan bisa melihat berbagai macam koleksi peralatan tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa seperti tombak, keras, perkakas pertanian, dan peralatan seni membatik.

  1. Desa Bejiharjo

            Desa Bejiharjo menjadi desa wisata lainnya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Desa satu ini termasuk salah satu desa wisata yang cukup dikenal di Yogyakarta. Pasalnya, desa wisata ini menawarkan beberapa tempat wisata alam yang menakjubkan seperti Goa Gelatik, Goa Sriti, Goa Pindul, dan lain sebagainya.

  1. Desa Tanjung

           Desa Tanjung diresmikan pada tahun 2001 dan menawarkan suasana tradisional khas masyarakat Jawa yang sangat kental. Wisatawan bisa melihat secara langsung aktivitas masyarakat lokal yang benar-benar mencerminkan adat istiadat, budaya, dan tradisi Jawa. Aktivitas-aktivitas tersebut diantaranya  membatik, membuat keris, membajak sawah, dan memanen hasil sawah.

  1. Desa Manding

           Bila tertarik untuk belajar mengenai kerajinan kulit, maka Desa Manding menjadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Selama di desa ini, wisatawan bisa melihat secara langsung proses pembuatan barang-barang kerajinan berbahan dasar dari kulit. Bahkan, wisatawan juga bisa mencoba praktik secara langsung membuat kerajinan-kerajinan kulit tersebut.

Baca juga : Mewujudkan Pariwisata yang Unggul

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *