Berikut Tren Pariwisata di Kabupaten Kebumen

Tren Pariwisata di Kabupaten Kebumen

Kebumen adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Terdapat banyak sekali tren pariwisata di Kabupaten Kebumen.

Kabupaten Kebumen berbatasan dengan Kabupaten Banjarnegara di Utara, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Purworejo di Timur, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Banyumas di Barat. Sejarah awal mula Kabupaten Kebumen tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Mataram Islam.

Kerajaan Mataram Islam membawa pengaruh terhadap terbentuknya Kabupaten Kebumen. Nama Kebumen konon berasal dari kabumian yang berarti sebagai tempat tinggal Kyai Bumi setelah dijadikan daerah pelarian Pangeran Bumidirja atau Pangeran Mangkubumi dari Mataram pada 26 Juni 1677, saat berkuasanya Sunan Amangkurat I. Sebelumnya, daerah ini sempat tercatat dalam peta sejarah nasional sebagai salah satu tonggak patriotik dalam penyerbuan prajurit Mataram pada zaman Sultan Agung ke benteng pertahanan Belanda di Batavia.

baca juga: Pemetaan Pariwisata, Berikut Fungsinya?

Selain cerita sejarah tersebut, ternyata Kabupaten Kebumen juga memiiki tren pariwisata yang sangat menarik. Di kabupaten Kebumen terdapat banyak wisata alam dengan pemandangan memukau. Berikut merupakan daftar-daftar wisata alam yang ada di Kabupaten Kebumen:

1. Benteng Van Der Wijck
Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu wisata sejarah di Kabupaten Kebumen. Benteng peninggalan Belanda ini mulanya bernama Fort Cochius yang merupakan kantor VOC. Seiring berjalannya waktu, benteng ini mulai berubah fungsi. Kini, Benteng Van Der Wijck dijadikan sebagai salah satu objek wisata di Kebumen.

2. Goa Jatijajar
Goa Jatijajar merupakan situs geologi yang terbentuk secara alami dari kapur. Di dalam goa ini terdapat stalagmit, stalagtit, diorama,serta patung yang menggambarkan legenda Raden Kamandaka.

3. Pantai Menganti
Pantai Menganti menghadap langsung ke Samudra Hindia serta dikelilingi perbukitan berupa tebing karst. Lokasi Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

4. Curug Plumbon
Curug Plumbon berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen. Curug Plumbon memiliki air terjun yang bertingkat dengan ketinggian mencapai 15 meter. Di bagian atas air terjun terdapat sungai atau kali yang bisa digunakan untuk bermain air.

5. Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Balong mempunyai pasir berwarna kelabu dengan butiran halus. Pemandangan pantai berupa batuan sedimen dari gunung api. Diketahui, Pantai Karang Bolong tidak bisa dipakai untuk berenang karena ombaknya yang sangat tinggi dan berbahaya. Walau begitu, Pantai Karang Bolong bisa digunakan untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti memancing.

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *