Biak Masuk Dalam Program Prioritas Pariwisata Nasional

Biak Masuk Dalam Program Prioritas Pariwisata Nasional – Ini Dia Daya Tarik Wisata di Biak Program Prioritas Pariwisata Nasional adalah program yang dirancang oleh pemerintah untuk meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia. Program ini difokuskan pada pengembangan 10 destinasi wisata utama di Indonesia, yang kemudian mengerucutkan kembali fokus pembangunan ke lima tempat yang kemudian dikenal sebagai 5 Destinasi Super Prioritas.

Biak Numfor, sebuah kabupaten di Provinsi Papua, resmi masuk dalam program prioritas pariwisata nasional tahun 2024 oleh Kemenparekraf. Hal ini menjadikan Biak sebagai salah satu daya tarik wisata utama di Indonesia. Biak memiliki berbagai potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu, lokasi geografis Biak Numfor membuat wilayah ini sangat strategis untuk pembangunan zona industri, pariwisata, perikanan, dan penelitian angkasa. 

  • Daya Tarik Wisata Pantai 

Biak memiliki banyak pantai yang indah, dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Beberapa pantai yang populer di Biak antara lain Pantai Samau, Pantai Yenyabo, dan Pantai Wardo. Di sekitar Biak, terdapat gugusan pulau-pulau kecil, yaitu Padaido. Pulau-pulau ini menawarkan panorama laut yang jernih, terumbu karang yang indah, dan pantai yang sepi. Kepulauan Padaido menjadi tempat yang sempurna bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang masih alami.

  • Daya Tarik Wisata Sejarah 

Biak menjadi saksi bisu pertempuran Perang Dunia II. Di Biak terdapat berbagai daya tarik wisata sejarah, seperti Benteng Jepang, Monumen Perdamaian, Museum Perang Dunia II, Situs Gua Binsari atau Gua Jepang. Pemerintah Biak Numfor melalui Dinas Pariwisata akan mendirikan museum bawah laut sebagai destinasi wisata unggulan daerah pada tahun 2024. 

  • Daya Tarik Wisata Budaya

Biak memiliki budaya yang unik dan menarik. Di Biak terdapat berbagai suku, seperti Suku Biak Numfor, Suku Mandobo, dan Suku Yali. Setiap suku memiliki adat istiadat dan tradisi yang berbeda-beda.

  • Daya Tarik Wisata Alam

Biak menawarkan berbagai aktivitas alam yang menarik, seperti snorkeling, diving, hiking, dan fishing. Biak juga merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna, termasuk burung cendrawasih.

Baca juga : Warisan Cagar Budaya Gedung Marba Kota Semarang

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *