Cikapundung River Spot Dukung Pelestarian Daerah Aliran Sungai

Cikapundung River Spot Dukung Pelestarian Daerah Aliran Sungai (DAS) – Sungai Cikapundung merupakan salah satu dari banyak sungai yang mengalir di wilayah Bandung Raya. Sungai Cikapundung berhulu di Gunung Bukit Tunggu, mengalir menuju kota dan kabupaten, hingga bermuara di Sungai Citarum. Sungai Cikapundung dikenal sebagai anak sungai DAS Citarum Hulu. Sungai Cikapundung saat ini mengalami permasalahan lingkungan, karena ketidaksesuaian pemanfaatan DAS Cikapundung akibat peningkatan jumlah penduduk sehingga lahan pinggir sungai tergerus dan badan sungai semakin sempit. Selain itu, permasalahan pencemaran sungai juga terjadi di Sungai Cikapundung akibat meningkatnya jumlah penduduk yang menyebabkan pembuangan limbah terjadi di sungai ini. 

Sampah plastik menjadi sumber pencemar utama di Sungai Cikapundung. Sebagian besar kemasan produk rumah tangga di Indonesia masih menggunakan material plastik yang sulit terurai. Penumpukan sampah plastik di Sungai Cikapundung membuat sesekali air meluap dan mengakibatkan banjir di sekitar sungai. Terlebih dalam lima tahun terakhir, Sungai Cikapundung terdeteksi adanya kandungan logam berat yang menyebabkan kadar baku mutu air menurun. 

Namun, di tengah keprihatinan itu, muncul secercah harapan dari Cikapundung River Spot, sebuah ruang publik di bantaran Sungai Cikapundung, anak Sungai Citarum. Cikapundung River Spot bukan sekadar taman biasa. Tempat ini dirancang sebagai pusat edukasi dan rekreasi yang mendukung pelestarian DAS Citarum dan mendukung perekonomian sekitar Cikapundung River Spot. 

Cikapundung River Spot terletak di Jalan Cikapundung Timur yang sekarang berganti nama menjadi Jalan Dr. Ir. Sukarno. River spot ini memiliki gaya penataan ruang publik seperti di Eropa dengan hiasan lampu dan air mancur yang menyala saat malam hari. Cikapundung River Spot berlokasi dekat dengan destinasi wisata di Kota Bandung, seperti Museum Konferensi Asia Afrika. Suasana river spot ini cenderung ramai pada sore hari menjelang malam. Banyak bangku bermeja yang penuh oleh pengunjung serta alunan musik yang menambah kehangatan tempat ini. 

Baca juga : Nasi Tumpang Lethok Kuliner Khas Klaten

Cikapundung River Spot menawarkan berbagai fasilitas untuk berolahraga dan berekreasi diantaranya trek jogging dan bersepeda, area bermain anak, dan taman edukasi yang menampilkan informasi tentang flora dan fauna. Selain itu, ruang publik di Cikapundung River Spot juga bisa dijadikan sebagai pentas seni dan budaya. 

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di (0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *