Desa Prima Yogyakarta

Desa Prima Yogyakarta – Untuk mengatasikemiskinan di wilayah Yogyakarta tersebut, Badan Pemberdayaan Perempuan Masyarakat (BPPM) Provinsi DIY mengembangkan Desa PRIMA di Yogyakarta, yang merupakan implementasi dari Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan     Perempuan Nomor 58/SK/MENEG.PP/XII/2004 tanggal   30   Desember   2004 tentang Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktivitas Ekonomi    Perempuan (PPEP) mengembangkan model Desa PRIMA (Perempuan Indonesia Maju Mandiri).

Menurut SK tersebut Desa PRIMA (Perempuan  Indonesia Maju Mandiri) adalah sebuah model percontohan untuk menanggulangi kemiskinan melalui upaya ekonomi disertai pengurangan beban biaya kesehatan dan pendidikan bagi keluarga miskin, dengan memanfaatkan seluruh potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) serta dengan mengkoordinasikan berbagai program pemberdayaan perempuan dari instansi terkait, LSM, organisasi  perempuan, dan organisasi kemasyarakatan lainnya untuk bersama-sama membangun kepedulian untuk menghapuskan kemiskinan. Sasaran dari kebijakan ini adalah perempuan miskin agar terjadi penurunan tingkat    kemiskinan di wilayah tersebut. Salah satu usaha Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk untuk menekan angka kemiskinan adalah dengan mengoptimalkan program Desa PRIMA (Perempuan Indonesia Maju Mandiri). Program Desa PRIMA merupakan amanat dari beberapa peraturanm yaitu:

  • Inpres RI No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional
  • Perpres RI No. 54 Tahun 2005 tentang Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan
  • Permen PPPA No. 2 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum Pembangunan Industri Rumahan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pemberdayaan Perempuan
  • Kepmenneg PP No. 58 Tahun 2004 tentang Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan
  • Perda DIY No. 7 Tahun 2018 tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga
  • Pergub DIY No. 103 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyaluran Bantuan Keuangan Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan
  • Pergub DIY No. 60 tahun 2016 tentang Tata Cara Hibah Dan Bantuan Sosial
  • Pergub DIY No. 11 tahun 2018 tentang Perubahan Pergub No. 60 tahun 2016 tentang Tata Cara Hibah Dan Bantuan Sosial
  • Kepgub DIY No .20 tahun 2017 tentang Peneriman Hibah dan Bantuan Sosial Tahun 2017

Pengembangan Program Desa PRIMA merupakan program untuk meningkatkan partisipasi kaum perempuan dalam suatu wilayah melalui peningkatan produktifitas ekonomi agar tercipta kehidupan yang lebih baik. Yang menjadi sasaran Program DESA PRIMA adalah perempuan dari keluarga miskin agar terjadi penurunan tingkat kemiskinan di wilayahwilayah yang dianggap berpotensi dan memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi. Melalui program ini diharapkan perempuan semakin berperan dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa. Adapun tujuan pembentuan desa prima untuk mewujudkan perempuan Indonesia yang maju dan mandiri di bidang ekonomi melalui pengembangan kegiatan-kegitan ekonomi produktif untuk mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sehat dan sejahtera baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun bangsa. Sedangkan tujuan Khusus Dalam operasionalnya, tujuan umum tersebut dapat dijabarkan dalam beberapa tujuan khusus sebagai berikut:

  • Meningkatkan kapasitas SDM perempuan Indonesia di bidang ekonomi sehingga mampu meningkatkan kontribusi dan keikutsertaannya dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pembangunan di berbagai sektor kehidupan lainnya. 
  • Membuka dan memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya melalui mekanisme pengembangan aktivitas ekonomi produktif. 
  • Memperkuat bargaining position kaum perempuan dalam mengakses sumber daya ekonomi.

Baca juga : Keindahan dan Sejarah Danau Pengasinan

Untuk informasi mengenai penelitian pariwisata, berupa kajian atau pendampingan lebih lanjut dapat menghubungi Admin kami di(0812-3299-9470).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *